Ternyata Babinsa Dampingi Petani Mulai Dari Panen Hingga Panen Lagi

Dibaca: 79 kali

SIDAKPOST.ID, TANJAB TIMUR – Upaya khusus (Upsus) pendampingan bagi para petani yang dilakukan Bintara Pembina Desa (Babinsa) Kodim 0419/Tanjab terus dilakukan. Pendampingan dilakukan meliputi semua tahapan pertanian, dari panen hingga panen lagi, demikian seterusnya.

Pendampingan sejak panen, kemudian pasca panen. Selanjutnya pemasaran, pengolahan lahan, penyediaan bibit, pemupukan, pengobatan. Pendampingan juga dilakukan saat penanaman bibit dan budayanya hingga panen. Termasuk pula cara menghadapi hama, tatakelola irigasi, peluang usaha pertanian, dan selanjutnya hingga terus berulang.

Pendampingan tidak dilakukan dari kantor atau di pinggir sawah. Para babinsa melakukannya dengan terjun langsung ke sawah. Bahkan ikut membantu petani di sawah.

Kegiatan yang dilaksanakan oleh para Babinsa tersebut untuk mendukung para petani di desa binaannya merupakan perintah langsung dari Dandim 0419/Tanjab Letkol Inf M. Arry Yudistira.

Hal ini disadari betul Serda Ade Putra, Babinsa Koramil 419-01/Muara Sabak. Dia sedang membantu memanen padi milik bapak Attar Kelompok Tani Mekar Sari di Kelurahan Parit Culum II Kecamatan Sabak Barat Kab. Tanjab Timur, Rabu (8/5/19).

Serda Ade mengatakan, bahwa pendampingan kepada petani merupakan program Upsus. Program itu membantu pemerintah dalam meningkatkan hasil panen menuju swasembada pangan di wilayah.

Attar selaku pemilik lahan, merasa sangat bersyukur dengan hasil panen yang diperolehnya. Meskipun belum mencapai maksimal, tetapi hasil panen padi saat ini sudah meningkat dibandingkan masa panen yang lalu.

Ketua kelompok Tani Mekar Sari, bapak Ahmadi menyampaikan bahwa masyarakat sangat senang dengan adanya Babinsa yang terjun langsung kesawah untuk membantu para petani serta memberikan penyuluhan, motivasi dan semangat kepada petani.

“Dengan adanya pendampingan dari para Babinsa, kami para petani merasa sangat diperhatikan dalam pertanian ini,” ujar bapak Ahmadi.

Ia berharap hal ini dapat terus dilakukan oleh Babinsa, agar para petani bisa ikut menciptakan swasembada pangan secara nasional sehingga warga masyarakat tidak sampai kekurangan pangan. (penrem042gapu)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT




ADVERTISEMENT