Peduli Kepada Warganya, Babinsa Ikut Turun Sawah Bantu Tanam Padi

Dibaca: 80 kali

SIDAKPOST.ID, BUNGO – Peran dan kepedulian Babinsa kepada warganya, merupakan salah satu tugas pokok seorang Babinsa yakni dengan ikut langsung membantu para warganya, saat melakukan aktivitas kerjanya dilahan persawahan Dusun Lubuk Mayan, Kecamatan Rantau Pandan Kabupaten Bungo, Rabu (8/5/2019).

Meski dalam suasana Puasa di Bulan Ramadhan, rasa kepedulian Babinsa terhadap warga binaannya sangatlah penting dalam pelaksanaan tugas sehari hari di Desa, inilah yang dilakukan oleh Serda Andi Iskandar, sebagai Babinsa Dusun Lubuk Mayan, yang bertugas di Koramil Rantau Pandan, Kodim 0416/Bute, ikut turun kesawah warga desa binaannya membantu tanam padi di persawahan milik kelompok tani Harapan Baru seluas 20 hektar.

“Keakraban Babinsa bersama warga binaannya bukan hanya dengan melaksanakan Komunikasi Sosial (Komsos), tetapi peran nyata seorang Babinsa dilapangan dalam membantu warga binaannya itu yang harus kita terapkan dalam menciptakan kemanunggalan antara TNI dan Rakyat,” ucap Serda Andi.

Serda Andi juga mengatakan, sebagai Babinsa kita harus memberikan contoh baik dimata masyarakat, agar dapat menciptakan citra positif TNI di tengah – tengah masyarakat, jangan hanya berdiam diri, berikan peran andil kita sebagai aparat kewilayahan kepada warga masyarakat, sehingga masyarakat akan semakin dekat dengan TNI, dan TNI akan semakin dicintai oleh Rakyat.

Danramil 416-01/Rantau Pandan, Kapten Arm Abasri mengatakan pendampingan tanam padi kali ini, mengalami peningkatan dan akan terus berkelanjutan hingga proses tanam selesai.

Dalam membantu petani Koramil Rantau Pandan tidak pada saat panen saja, namun pihaknya membantu sejak mulai pembibitan, penanaman hingga panen sampai juga ikut mengawasi bersama gabungan kelompok tani.

“TNI juga memberikan sosialisasi pada petani tentang pertanian yang baik, serta memberikan penjelasan pasca panen. Sehingga usai panen para petani bisa memahami apa yang harus dilakukan dan dipersiapkan, guna menghadapi musim tanam,” jelasnya. (penrem042gapu)

ADVERTISEMENT







ADVERTISEMENT