Linmas Adalah Ujung Tombak Harkamtibmas

Dibaca: 158 kali

SIDAKPOST.ID, TEBO – Anggota Perlindugan masyarakat (Linmas) harus profesional dalam menjalankan tugas pokok dan fungsi (Tupoksi), mengingat Linmas merupakan ujung tombak dalam pemeliharaan keamanan ketertiban masyarakat (Harkamtibmas) di Desa maupun Kelurahan.

Hal tersebut, diungkapkan oleh Ps Kanit Binpolmas Polres Tebo Brigpol Suwindra Aldi didampingi Brigpol Suharno saat gelar Binluh, di Kantor Desa Teluk Pandak Kecamatan Tebo Tengah Kabupaten Tebo, yang dihadiri Kades dan Perangkat Desa serta anggota Linmas Teluk Pandak, Jumat (8/2/2019).

Kanit Binpolmas Polres Tebo Brigpol Suwindra Aldi saat dikonfirmasi menyebutkan, pihaknya membenarkan Sat Binmas menggelar pembinaan dan penyuluhan (Binluh), kepada anggota Linmas di Desa Teluk Pandak dengan materi Regulasi Permendagri No 84/2014 tentang Penyelenggaraan Linmas dan Tugas serta fungsi Linmas.

“Diharapkan Linmas selaku pengemban Pam Swakarsa bisa menjadi line sector atau pelopor menumbuhkan empati masyarakat, untuk tanggap dan peduli terhadap pemeliharaan situasi kamtibmas. Terlebih dalam situasi politik seperti sekarang ini ,eleman masyarakat tumbuh mind set walau beda pilihan tapi tetap solid dan menghargai perbedaan,”ujar Kanit Binpolmas Brigpol Suwindra Aldi.

Dikatakannya, untuk menjaga kamtibmas yang kondusif anggita Linmas harus jeli menyikapi perkembangan situasi di desa dengan meningkatkan koordinasi bersama Babinsa dan bhabinkamtibmas serta Stakeholder yang ada.

“Anggota Linmas juga perlu memsosialisasikan ke masyarakat Call Center 110 guna untuk mempermudah pelayanan dan untuk call center ini online 24 Jam seluruh Indonesia, serta bebas tarif alias layanan gratis,” ujarnya.

Sebagai bentuk apresiasi serta memotivasi terhadap kinerja Linmas, diserah terimakan sarana kontak berupa Masker Raspirator Double Filter untuk mendukung Alsus Linmas saat menjalankan tugas dalam menanggulangi bencana dilingkup desa. (asa)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT




ADVERTISEMENT