Nekat Remaja di Bungo, Gelar Aksi Balap Liar di Jalinsum Dini Hari

Balap Liar : Terpantau Aksi Balap Liar Sejumlah Remaja di jalan Lintas Sumatera sekira pukul 01.10 WIB. Minggu (8/1) dini hari. Foto : sidakpost.id/zakaria

SIDAKPOST.ID, BUNGO – Aksi balap liar di kota Muara Bungo semakin nekat. Betapa tidak, segerombolan remaja ini melakukan balap liar di jalan lintas sumatera dengan penuh resiko.

Pantauan sidakpost.id, sekira pukul 01.10 WIB, Minggu (8/01) dini hari para remaja yang biasa meresahkan banyak orang itu, nekat balap liar sebelum jembatan batang Bungo, kecamatan Pasar Muara Bungo.

“Dini hari tadi saya kan baru saja pulang dari Tebo melihat sekelompok remaja itu sedang berkumpul di pinggir jalan. Tidak lama kemudian ternyata ada aksi balap liar yang sangat menggangu pengguna jalan,” ujar Andi, seorang warga yang melintas.

Ia juga heran aksi balap liar ini semakin menjadi jadi, padahal pihak kepolisian tak henti-henti melakukan patroli. Akan tetapi terlihat kelompok anak muda ini sengaja mencari tempat dan waktu yang polisi tak ada.

“Ini kan jalan lintas, tapi mereka nekat aksi balap liar, kalau terjadi sesuatu maka tidak bisa dibantu karena banyak kendaraan dan lalu lalang angkutan barang dan orang. Ini dilakukan oleh para remaja setiap malam Minggu sampai dini hari,” ungkap Andi.

Terpisah Kasat Lantas Polres Bungo, IPTU Steffan mengatakan, sejumlah titik rawan aksi balap liar sudah dilakukan patroli dan beberapa titik terus dipantau. Seperti titik depan kantor Bupati Bungo, SMP 3 Bungo, dan perumnas.

“Kami juga mengajak agar para orang tua lebih peduli memperhatikan pergaulannya karena kalau sudah terlibat aksi balap liar ini nanti bisa terjadi kecelakaan. Rata-rata yang sering kita tertibkan pada balap liar ini adalah para remaja atau anak sekolah, ” kata Kasat Lantas.

Kasat juga berharap para orang tua ikut serta mencegah terjadinya aksi balap liar ini. Karena setiap malam Minggu pasti ada anak-anak yang melakukan aksi balap liar.

Aksi balap liar ini terus ditertibkan siapa saja yang terjaring patroli maka diberikan sanksi tegas. Sering lakukan pembinaan pada anak-anak remaja kedapatan balap liar saat patroli.

“Ini tugas kita bersama, mari semua orang tua untuk lebih jeli memperhatikan anak -anak saat keluar rumah pada malam hari. Karena bila ini dibiarkan terus masa depan mereka bisa terancam akibat perilaku yang menyimpang ini,” tukasnya. (zek)