Warga Mengeluh, TPA Sampah di Rimbo Bujang Cemari Lingkungan

Dibaca: 606 kali

SIDAKPOST.ID,TEBO – Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Sampah di Jalan Dr Waidin RT 03 RW 18 Kelurahan Wirotho Agung Kecamatan Rimbo Bujang Kabupaten Tebo – Jambi dikeluhkan oleh warga.

Pasalnya, TPA tersebut kapasitasnya untuk menampung sampah tidak memadai lagi sehingga sampah membludak ke jalan dekat pemukiman warga menimbulkan pencemaran lingkungan dan sangat mengganggu kesehatan warga.

Dwi Prastyo Tokoh masyarakat Wirotho Agung kepada sidakpost menyebutkan, kondisi TPA Sampah di Jalan Dr Wahidin/Jalan Pahlawan Wirotho Agungng daya tampungnya tidak memadai. Sampah membludak di pinggir Jalan dekat pemukiman warga yang menimbulkan bau busuk dan menjadi sarang nyamuk serta lalat beterbangan masuk kerumah warga.

“Kita minta perhatian serius kepada Instansi terkait untuk mencari solusi kondisi TPA ini yang dikeluhkan oleh warga, kalau kondisi seperti ini dibiarkan berkepanjangan sangat mengancam kesehatan warga,” ungkap Dwi Prastyo.

Terkait kondisi TPA di Wiroto Agung yang dikeluhkan warga, ditanggapi serius oleh pihak Dinas Lingkungan Hidup (LH) Kabupaten Tebo saat menggelar Sosialisasi Pengelolaan Persampahan, Bertempat di Aaula Kantor Camat Rimbo Bujang Kamis (7/12/2017, yang dihadiri oleh Camat Rimbo Bujang, Para Kades, Kelurahan, Ketua Pasar Sarinah dan Tokoh masyarakat.

Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Tebo, melalui Kabid Pengelolaan Sampah dan Limbah Masri.SP mengatakan, pihaknya mengakui kondisi TPA di Wirotho Agung tidak memadai dan berdekatan dengan pemukiman warga sehinngga dapat mengganggu lingkungan.

”Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Tebo pada tahun 2017 ini sudah membangun TPA yang berstandar dan jauh dari pemukiman warga yakni di Desa Ladang Panjang Kecamatan Rimbo Ilir, nantinya Sampah yang ada di Tempat Pembuangan Sampah (TPS) di Wirotho Agung dapat dibuang di TPA Ladang Panjang, ”terang Kabid Masri. (asa)

ADVERTISEMENT





ADVERTISEMENT