Musim Hujan Cegah DBD, Babinsa Syaipul Goro Bersihkan Lingkungan

Dibaca: 169 kali

SIDAKPOST.ID, TEBO – Babinsa Serka Syaipul Efendi Koramil 416-07/Rimbo Bujang Kodim 0416/Bungo Tebo, bersama warga menggelar gotong royong (goro) membersihkan lingkungan pemukiman warga binaannya. Bertempat di jalan Kuao Desa Sapta Mulia Kecamatan Rimbo Bujang Kabupaten Tebo.

Di musim penghujan ini dominan terjadinya tempat lembab dan menjadi kumuh yang berdampak lingkungan kurang sehat, oleh karenanya goro kali ini memprioritaskan membersihkan selokan atau got tempat berkembang biaknya nyamuk Aedes Aegypti penyebab Demam Berdarah Dengue (DBD).

Tampak hadir pada gotong royong ini Kades Sapta Mulia, Perangkat desa, Ketua RT, Tokoh masyarakat dan warga masyarakat setempat.

“Sasaran gotong royong hari ini adalah membersihkan rumput Liar yang tumbuh sepanjang jalan gang, saluran air yang di penuhi oleh sampah sampah dan tempat lainnya,”terang Babinsa Serka Syaipul Efendi, Pada Minggu (07/11/2021).

Jangan biarkan sampah berserakan atau menumpuk menimbulkan bau busuk, imbuh Babinsa, untuk mencegah berkembang biaknya nyamuk Aedes Aegypti selain melaksanakan gotong royong juga warga menerapkan 3M yaitu Menutup, menguras dan mengubur benda bekas.

Segala tempat yang bisa menampung air, baik di dalam maupun di luar rumah. Jika tidak diperlukan, tengkurapkan wadah-wadah yang bisa menampung air di luar rumah agar tidak tergenangi air hujan. Nyamuk betina memanfaatkan air yang tergenang sebagai tempat bertelurnya nyamuk.

“Kuburlah semua objek yang bisa menampung air, seperti kaleng bekas atau wadah plastik. Jadi 3M adalah solusi memberantas nyamuk penyebab DBD selain kegiatan bersih-bersih lingkungan, “tutup Serka Syaipul. (asa)

ADVERTISEMENT