Kades Terpilih di Bungo, Ikuti Pembekalan Adat

Dibaca: 309 kali

SIDAKPOST.ID, BUNGO – Pjs Bupati Bungo Akhmad Bestari, SH. MH, membuka secara resmi penyuluhan adat melayu jambi Kabupaten Bungo bagi para Rio (Kades) terpilih yang baru dilantik, Rabu (7/10/2020).

Kegiatan penyuluhan yang berlangsung di Balai Adat Melayu Jambi Kabupaten bungo, dengan tema “Kita Tingkatkan Pemahaman Adat Melayu Bagi Rio Selaku Pemangku Adat”.

Dalam sambutannya, Pjs Bupati Bungo Akhmad Bestari menyampaikan ucapan selamat kepada Para Datuk Rio terpilih mengikuti kegiatan penyuluhan Adat melayu jambi kabupaten bungo tahun 2020.

“Peran Rio dalam kehidupan masyarakat di dusun-dusun sangat penting. Tentu selain sebagai bukan hanya bertugas mengelola administrasi pemerintah dusun,juga menjadi pemangku adat yang membina, mengelola dan melestarikan adat melayu jambi di kehidupan bermasyarakat,” ujarnya.

Dengan demikian, sebut Bestari, kegiatan penyuluhan adat ini kira nya akan menjadi pondasi dan sebagai pemangku adat bagi para Datuk rio untuk secara nyata membangun negeri ini, dalam memberdayakan, melestarikan, dan mengembangkan adat istiadat.

“Para datuk Rio harus bisa memahami dan mampu melaksanakan hukum adat secara adil serta bijaksana dalam memelihara dan mengatur kehidupan masyarakat nya,” cetusnya.

Sementara, Tobroni yusuf Wakil ketua I LAMJ Kabupaten Bungo berharap melalui penyuluhan Adat ini, nantinya datuk Rio betul-betul bisa menerapkan di tengah-tengah masyarakat, menjadi suri tauladan dengan mengutamakan nilai-nilai adat istiadat.

Seperti biasanya yang diketahui, dengan semakin majunya negeri, berkembang ilmu pengetahuan, teknologi, masuknya budaya asing makin tidak terhindarkan, maka disini lah peran adat istiadat.

“Besar harapan, datuk rio harus mampu mengamalkan dan menjadi suri tauladan dalam menegakkan adat istiadat dan nilai sosial ditengah masyarakat,” tukasnya. (adv/jul)

ADVERTISEMENT