Dihadiri Gubernur Jambi, 315 Lulusan STIE-SAK Diwisudakan

Dibaca: 284 kali

SIDAKPOST.ID, KERINCI – Gubernur Jambi Dr.Drs.H.Fachrori Umar, M.Hum, menghadiri Sidang Senat Terbuka, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Sakti Alam Kerinci Wisuda Sarjana Strata Satu Program Studi Ekonomi Pembangunan, Manajemen dan Akuntansi angkatan XVI di GOR Kemenangan Sakti Alam Kerinci Komplek Kantor Bupati Kerinci,Sabtu (07/09).

Gubernur Jambi Dr.Drs.H.Fachrori Umar, M.Hum, dengan penuh kebanggaan mengucapkan, selamat kepada para wisudawan atas keberhasilannya, dalam menyelesaikan studi di kampus Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Sakti Alam Kerinci kepada orang tua dan seluruh keluarga wisudawan.

“Saya turut bersyukur berbahagia, selamat atas keberhasilan yang telah diraih pada hari ini,”ungkap Gubernur Jambi.

Mengenai perkembangan teknologi dan kemajuan ekonomi saat ini Gubernur Jambi menilai hal tersebut, menjadi tantangan berat bagi sarjana-sarjana yang baru lulus dari jenjang pendidikan perguruan tinggi.

Lulusan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Sakti Alam Kerinci harus menyadari bahwa saat ini hidup di zaman era revolusi industri 4.0.

“Dimana teknologi informasi telah menjadi basis dalam kehidupan manusia segala hal menjadi tanpa batas dengan penggunaan daya komputasi dan data yang tidak terbatas karena dipengaruhi oleh perkembangan internet dan teknologi digital,” jelas Gubernur Jambi.

Pergerakan dan konektivitas manusia dan mesin berbasis data digital dan daya komputasi menjadi tantangan besar bagi perkembangan kehidupan manusia dimana era ini akan mendisrupsi berbagai aktivitas manusia termasuk didalamnya bidang ilmu pengetahuan dan teknologi serta pendidikan tinggi

“Era yang diwarnai oleh kecerdasan buatan, era super komputer, rekayasa genetika, teknologi nano, mobil otomatis, inovasi dan perubahan yang terjadi dalam kecepatan eksponensial yang akan mengakibatkan dampak terhadap ekonomi, industri pemerintahan dan politik” terang Gubernur Jambi.

Selanjutnya H. Fachrori Umar menyampaikan Pemerintah Provinsi Jambi telah melaksanakan berbagai program, dalam kerangka peningkatan sumber daya manusia dengan visi Jambi Tuntas yaitu Tertib Unggul Nyaman Adil dan Sejahtera.

Salah satu misi yaitu Meningkatkan Kualitas Sumber Daya Manusia yang Sehat, Terdidik Berbudaya Agamis dan Berkesetaraan Gender, mulai dari pemberian beasiswa pendidikan.

Seperti bagi siswa, SMA SMK D3 S1 S2 S3 dan Dokter Spesialis sampai menjalin berbagai kerjasama yang dilakukan dengan lembaga dalam negeri maupun jalinan kerjasama dengan institusi di luar negeri.

“Pemerintah Provinsi Jambi terus berupaya meningkatkan keterampilan SDM angkatan kerja kita melalui berbagai pelatihan bekerja sampai ke Jepang” ujar Gubernur Jambi.

Gubernur Jambi berpesan kepada para wisudawan untuk terus meningkatkan kompetensi terutama untuk memenuhi kesiapan abad 21 dan revolusi industri 4.0 yakni SDM yang adaptif, fleksibel kreatif, inovatif menguasai IT, bahasa internasional, komunikatif sikap leadership yang tinggi

“Proses pendidikan yang telah dilalui selama ini akan memberikan banyak bekal yang cukup bagi saudara untuk memasuki dunia kerja,”tutup Gubernur Jambi.

Ketua STIE SAK Dr. Alvia Santoni,SE,MM, menyampaikan prosesi melepas wisudawan dan wisudawati yang telah menyelesaikan studinya menjadi hari istimewa dan sangat penting dalam proses pendidikan di Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Sakti Alam Kerinci.

“Menandai berakhirnya masa pendidikan bagi mahasiswa mahasiswi setelah menempuh perjalanan panjang yang melelahkan dengan segala suka dan duka dalam masa perkuliahan bagi orang tua dan keluarga moment ini merupakan saat yang ditunggu-tunggu dengan penuh keharuan dan kebanggaan atas keberhasilan putra-putrinya,” ungkap Dr. Alvia Santoni.

STIE SAK meluluskan 315 wisudawan dan wisudawati yang secara formal telah berakhirnya tugas dan tanggung jawab dalam mengantar mahasiswa-mahasiswi menjadi insan yang berilmu pengetahuan dan berakhlak mulia untuk kembali kepada kehidupan sosial,

“Eksistensi STIE SAK berhasil sejajarkan dirinya dengan perguruan tinggi yang ada di Indonesia dalam mewujudkan dari tiga program studi yang ada di STIE SAK ekonomi pembangunan, manajemen dan akuntansi ketiga-tiganya telah terakreditasi B,”ujar ketua STIE SAK.

Dr.Alvia Santoni,SE,MM, menyampaikan hingga saat ini terdapat 2260 jumlah alumni STIE SAK sedangkan jumlah mahasiswa berdasarkan pangkalan data pendidikan tinggi berjumlah 2130 orang mahasiswa aktif.

Secara geografis STIE SAK berada di ujung barat Provinsi Jambi dan di ujung timur dari Sumatera Barat, atau dapat diartikan berada di daerah paling ujung dari pada pusat pemerintahan.

Baik kota Jambi maupun kota Padang namun tekad institusi Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Sakti Alam Kerinci, menjadi perguruan tinggi di Kota Sungai Penuh Kerinci baik negeri dan swasta yang memiliki akreditasi B.

“Insya Allah atas dukungan dan doa kita semua memiliki semboyan semangat menuju akreditasi A pada tahun 2024 berdasarkan data yang dikeluarkan oleh Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah X Sumbar Riau Jambi dan menunjukkan bahwa perubahan tinggi di Provinsi Jambi belum ada yang akreditasi A” harap Dr. Alvia Santoni.

Turut hadir Bupati Kerinci H Adirozal, pejabat di Lingkup Pemerintah Provinsi Jambi, pejabat Kabupaten Kerinci dan Pejabat Kota Sungai Penuh, para tamu undangan serta orang tua yang berbahagia akan keberhasilan putra putri tercinta meraih gelar kesarjanaan. (adv/Iy)

ADVERTISEMENT





ADVERTISEMENT