Dibawah Kepimpinan Bupati Adirozal, 8 Varietas Tanaman Lokal Sudah Bersetifikat

Dibaca: 160 kali

SIDAKPOST.ID, KERINCI – Delapan varietas tanaman lokal di Kabupaten Kerinci telah terdaftar di Kementerian Pertanian,dengan diterimanya sertifikat dari Pusat Perlindungan Varietas Tanaman dan Perizianan Pertanian (PPVTPP).

Sertifikat tersebut diserahkan langsung oleh Kepala Pusat Perlindungan Varietas Tanaman dan Perizinan Pertanian Kementerian Pertanian Republik Indonesia Prof. Erizal Jamal, kepada Bupati Kerinci H.Adirozal, di Desa N1, Kecamatan Kayu Aro Barat, Jum’at (6/9/2019) sore kemarin.

Delapan Varietas lokal yang telah diakui sebagai kepemilikan Kabupaten Kerinci, antara lain Tanaman Holtikultura yaitu, Bawang Putih Varietas Jangkiriah Adro, Bawang Merah Varietas Baki Adro, Cabai Varietas Loker Telun Berasap, Cabai Varietas Ahang Adro, dan Kentang Varietas Kubik Adro.

Sedangkan tanaman Pangan padi Varietas Padi payo Dukung, Padi Varietas Padi Payo Bunga Melur, dan Ubi Jalar Varietas Ubi Jalar Silo.

Bupati Kerinci Adirozal menyampaikan, dengan terdaftarnya hasil pertanian dan tanaman varietas lokal dapat menambah penghasilan dan bisa membawa kesejahteraan petani.

“Hasil petani Kerinci didaftarkan bisa disebar,tentunya meningkat nilai jual dan hasil pertanian kita bisa lebih dihargai lagi,”ungkap Bupati Kerinci.

Selain itu Kata Bupati Kerinci ,kehadiran Gubernur Jambi serta pihak Kementerian Pertanian memberi harapan dan menjadi motivasi bagi masyarakat Kerinci untuk lebih giat meningkatkan hasil pertanian.

Sementara itu Gubernur Jambi H.Fachrori Umar sangat mengapresiasi upaya yang dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Kerinci bersama Kelompok Tani dan pihak Kementerian Pertanian dalam pengusulan hingga akhirnya penentuan dari Varietas Tanaman Lokal, mudah-mudahan sertifikat ini dapat membawa dampak positif bagi petani.

“Pangan merupakan kebutuhan dasar manusia yang harus dipenuhi setiap saat dan mempunyai peranan penting bagi Kehidupan. Maka untuk itu petani selalu bekerja dengan baik dan ikuti petunjuk petugas penyuluh dalam memberikan bimbingan dan informasi terkait masa pra tanam, tanam, hingga panen,” kata Gubernur.

Sementara itu, Kepala PPVTPP Kementerian Pertanian RI Prof. Erizal Jamal mengungkapkan proses sertifikasi varietas pertanian tersebut merupakan hasil kerjasama dengan BPTP Jambi guna mengidentifikasi varietas untuk mendapatkan sertifikat.

Dan hasilnya hari ini beberapa varietas sertifikatnya sudah didaftarkan dan sah menjadi milik masyarakat Kabupaten Kerinci.

“Dari 1.468 varietas yang sudah didaftarkan, 38 varietas dari Provinsi Jambi yang 13 diantaranya berasal dari kabupaten Kerinci,” katanya.

Sebelumnya Bupati Kerinci bersama Gubernur Jambi dan unsur Forkopimda melakukan tanam Perdana Bantuan Benih Kentang Program Peningkatan Produksi Pertanian APBD Provinsi Jambi tahun 2019 di lahan Kelompok Tani Cipanas desa N1 Kecamatan Kayu Aro Barat. (adv/Iy)

ADVERTISEMENT