Babinsa Koptu Zahrudin Bantu Panen Padi

Dibaca: 36 kali

SIDAKPOST.ID, BUNGO – Budaya beselang padi, di Dusun Rantau Duku, Kecamatan Rantau Pandan, masih terus dilestarikan oleh para Kelompok Tani Sungai Pangkah, dalam memanen padi.

Selain dibantu warga beselang padi juga dibantu oleh babinsa Koramil 416-01/Rantau Pandan, Koptu Zahrudin. Tampak terlihat semua elemen masyarakat turun ke sawah.

Koptu Zahrudin mengatakan, budaya beselang padi di Rantau Duku ini, terus dilestarikan warga, seperti dalam memanen padi. Dalam beselang padi ini, semua warga turun kesawah, tua dan muda ikut memanen padi secara bersama-sama.

“Beselang padi dengan luas lahan 25 hektar ada 5,3 ton per hektar hasil panennya. Dengan hasil yang sangat memuaskan ini, bisa mendongkrak ekonomi masyarakat di wilayah sekitar,” katanya.

Usai panen padi itu, warga juga diingatkan agar tidak membakar sampah padi sembarangan, hal itu bisa menyembabkan kebakaran. Tak hanya di lahan padi, kebun karet dan lahan sawit juga tak boleh dibakar sebarangan.

“Mari kita bersama-sama menjaga lingkungan kita agar tidam terjadi kebakaran di sekitar kita. Dengan demikian kita jauh dari bencana karhutla, kalau bukan kita siapa lagi yang peduli,”ujanrya. (zek)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT




ADVERTISEMENT