Melalui Publikasi TMMD di Bukitberingin, Media Massa bersama Kodim 0420/Sarko Bersinergi Perkuat Kesatuan Bangsa

Dibaca: 82 kali

SIDAKPOST.ID, MERANGIN – Kodim 0420/Sarko menggelar TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 111 Tahun 2021 di Desa Bukitberingin Kecamatan Bangko Barat Kab. Merangin, Jambi sejak tanggal 14 Juni 2021 selama sebulan.

Komandan Kodim 0420/Sarko selaku Dansatgas TMMD 111 Letkol Inf Tomi RD Lubis, Rabu (7/7) menyampaikan apresiasi atas kerja sama insan media dengan Media Center 0420 Sarko dalam memberikan informasi kepada masyarakat dalam pemberitaan-pemberitaan yang positif untuk memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa melalui TMMD tersebut.

“Selaku Dansatgas, berterima kasih atas peran aktif positif media massa dalam mempublikasikan berbagai kegiatan TMMD kepada publik”, ujar Tomi.

Dalam kesempatan tersebut, beliau juga menyampaikan harapan dengan langkah kerjasama antara Media Center 0420 Sarko dengan Media Massa dapat semakin mengeratkan hubungan sampai dengan tingkat operasional.

“Hingga kini kita masih gencar mempublikasikan kegiatan TMMD bersama rekan media massa”, sambungnya.

Pamen melati dua ini juga menyatakan bahwa sebagai corong Kodim 0420 Sarko, Medcen 0420 Sarko sangat terbantu oleh media massa dalam menyampaikan program TMMD di Desa Bukitberingin maupun berbagai kegiatan satuan jajaran Kodim Sarko kepada masyarakat.

“TMMD ke-111 ini dilaksanakan selama 30 hari, sejauh ini peran media massa dan Media Center Kodim begitu luar biasa,”ungkapnya.

Peran media bagi kita tidak hanya tentang citra semata namun yang paling utama adalah mempertanggungjawabkan kepercayaan atau amanah rakyat dan pemerintah melalui publikasi kegiatan TNI AD di jajaran Kodim Sarko oleh media massa, urai Dansatgas.

Dalam kesempatan ini juga saya menyampaikan bahwa tugas-tugas Media Center Kodim 0420 Sarko kedepannya semakin kompleks dan dinamis.

Ia berharap kerja sama Media Center dengan media massa dapat lebih terjalin dan bersinergi dengan baik.

Selain itu, mantan Kasipers Korem 042/Gapu ini juga berharap agar berbagai informasi yang disajikan oleh media dapat dijadikan sebagai bentuk saran masukan dan koreksi yang konstruktif demi mewujudkan Satuan Kodim Sarko yang Profesional, modern dan dicintai oleh rakyat.

“Dengan adanya sinergitas media center dengan media massa, semua pemberitaan mengenai keberhasilan TMMD ke-111 tahun 2021, Kodim 0420 Sarko cepat diketahui masyarakat luas sehingga tingkat kepercayaan masyarakat terhadap TNI semakin meningkat.

Terpisah Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Jambi Ridwan Agus Depati melalui Sekretaris Hery FR mengatakan PWI Provinsi Jambi secara kelembagaan sangat mendukung dan mengapresiasi TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-111 yang dilaksanakan Kodim 0420/Sarko di Desa Bukitberingin.

TMMD ke-111, merupakan bentuk Kemanunggalan TNI dan rakyat yang memberikan manfaat besar bagi pembangunan di Desa, khususnya di Kabupaten Merangin.

“Karena sejatinya wartawan dan TNI bekerja untuk rakyat, apa yang dilakukan Dansatgas TMMD 111 Kodim 0420/Sarko, PWI secara kelembagaan memuji karena memfasilitasi wartawan untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan dalam penyajian berita terkait perkembangan pembangunan melalui program TMMD,” ujar Hery.

Disebutkannya, kegiatan yang berlangsung selama sebulan penuh sejak tanggal 14 Juni sampai 15 Juli mendatang dinilai sangat strategis untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Desa Bukitberingin Kecamatan Bangko Barat Kabupaten Merangin sebagai lokasi kegiatan tersebut berlangsung.

“Selama ini ada stigma bahwa pembangunan selau dipusatkan di perkotaan dan untuk di Desa selalu tertinggal. Stigma ini harus terkikis dengan serangkaian kegiatan yang dilakukan oleh Kodim 0420/Sarko melalui program TMMD,” katanya.

Hery meyakini, kehadiran personel TNI di lokasi meski hanya berlangsung singkat (sebulan) bisa memberikan pencerahan kepada masyarakat setempat. Pasalnya, kata dia, selain melakukan kegiatan fisik, di lokasi tersebut juga dihelat berbagai kegiatan non fisik.

“Mengkombinasikan dua kegiatan ini (fisik dan non fisik) gagasan yang luar biasa, selaras dengan semboyan yang selama ini kita kenal, yaitu ‘bangunlah jiwanya dan bangunlah raganya’ dan berharap dapat membuka cakrawala masyarakat Desa terkait perkembangan kekinian, sehingga transfer pengetahuan itu bisa meningkatkan produktivitas masyarakat,” paparnya.

Selain itu katanya, program TMMD Reguler 111 Kodim 0420/Sarko juga senapas dengan cita-cita berbangsa dan bernegara dan menjadi benteng kekuatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dalam mewujudkan masyarakat yang adil, makmur dan sejahtera.

“Desa adalah salah satu benteng kekuatan NKRI. Saat masyarakat Desa kita kuat dan sejahtera, maka NKRI pun kuat. Kemakmuran harus tumbuh mulai dari desa, pembangunan desa dan Perkotaan harus seimbang, Program TMMD Kodim 0420 ke 111 sepatutnya untuk dipulikasikan melalui pemberitaan,” tegasnya. (Sp)

ADVERTISEMENT