Konsumen PDAM Cemas, Air Sungai Alai Tercemar Kimia Racun Ikan

Dibaca: 320 kali
foto ilustrasi sungai (ist)

SIDAKPOST.ID, TEBO – Musim kemarau membuat menurunnya debit air dan menjadi dangkal Sungai, kondisi seperti ini mencemaskan bagi konsumen PDAM. Pasalnya, PDAM Tirta Muaro Kabupaten Tebo menghasilkan air bersih dengan mengelola sumber air dari Sungai Alai.

Kecemasan konsumen PDAM bisa diterima oleh akal sehat, bayangkan
saja bila musim kemarau dan Sungai Alai airnya dangkal bukan tidak mungkin menjadi sasaran pencari ikan
dengan meracun menggunaan bahan kimia, seperti potas atau insektisida.

Diketahui, aliran Sungai Alai yang memanjang melintasi Kecamatan Rimbo Ulu, Kecamatan Rimbo Bujang dan Kecamatan Rimbo ilir, tak pelak lagi sering dijadikan lokak mencari ikan dengan meracun menggunakan bahan kimia.

” Kita sangat cemas dengan kwalitas air bersih PDAM disaat musim kemarau, karena air Sungai Alai sering di potas oleh orang mencari ikan,”ujar konsumen PDAM, yang enggan dutulis namanya.

Pj Kades Sukadamai Mamik Sulastri dikonfirmasi menyebutkan, pihaknya meminta kepada masyarakat agar tidak mencari ikan dengan cara meracun menggunakan bahan kimia di Sungai atau di Danau.

“Selain merusak eksosistem dan habitat ikan dan sejenisnya akan punah, perlu dicatat bahwa pelaku peracun ikan di Sungai atau di Danau dihukum penjara dan denda sejumlah uang, “tegas Pj Kades Sukadamai Mamik Sulastri, Selasa (07/07/2020).

Terkait pemberitaan ini, Dirut PDAM Tirta Muaro Kabupaten Tebo Budhi Irawan, belum dapat dikonfirmasikan. (nwr/asa)

ADVERTISEMENT





ADVERTISEMENT