Ratusan Peserta Antusias Ikuti Webinar Literasi Perdana di Bungo

Dibaca: 180 kali

MUARA BUNGO – Kementerian Komunikasi dan Informatika RI (Kemkominfo RI) menyelenggarakan literasi digital secara nasional. Begitu juga di Kabupaten Bungo, Provinsi Jambi. Literasi digital mulai berlangsung dari hari ini, Senin 07 Juni dan dijadwalkan akan berakhir pada akhir November 2021 mendatang. Kegiatan ini membahas empat pilar utama literasi digital, yaitu budaya bermedia digital (digital culture), aman bermedia (digital safety), etis bermedia digital (digital ethics) dan cakap bermedia digital (digital skills).

Kegiatan literasi digital digelar untuk mendukung percepatan transformasi digital, peningkatan kapasitas, awareness dan diseminasi pemanfaatan teknologi digital agar masyarakat dapat memanfaatkan internet dengan benar dan bertanggung jawab . Tak hanya itu, kegiatan ini juga dilakukan agar dapat meningkatkan pengetahuan dan pemahaman akan potensi besar yang dimiliki Indonesia, sehingga masyarakat dapat memanfaatkan berbagai fasilitas dan fitur teknologi digital yang tersedia untuk menunjang bakat, ekonomi dan pekerjaannya.

Sementara, webinar literasi digital pertama di Kabupaten Bungo hari berlangsung selama tiga jam, dimulai dari jam 14:00 Wib hingga jam 17:00 Wib, secara virtual menggunakan platform Zoom. Sebanyak 713 tercatat sebagai pendaftar webinar literasi digital perdana ini. Tema yang diangkat pada kegiatan ini adalah ‘bijak dalam berdia sosial’. Acara dipimpin moderator Hikmatun Hasanah dan key opinion leader Fanie Maulia seorang social network marketer.

Wakil Bupati Bungo H Safrudin Dwi Apriyanto dan Dosen IAI Yasni Bungo Feerlie Moonthana Indhra, menjadi nara sumber lokal mendampingi narasumber dari Jakarta, Kepala Seksi Pengelolaan Aspirasi Publik Dinas Kominfotik Provinsi DKI Jakarta dan Sekretaris Prodi Ilmu Komputer FISIP Universitas Nasional, Syali Gestanon Nursatyo S.

Tema yang diangkat kali ini mendapat antusiasme dari setiap peserta yang hadir pada acara hari ini, karena peserta seminar dan diskusi secara online yang hadir mempunyai kesempatan untuk bertanya kepada narasumber.

Kegiatan ini berlangsung penuh semangat dan tingginya minat para peserta. Untuk mengapresiasi para peserta yang bertanya mendapatkan doorprize sebagai bentuk apresiasi untuk 10 orang peserta. Dan juga seluruh peserta webinar yang hadir mendapatkan e-certificate.

Nurdayana, salah satu peserta, mengapresiasi kegiatan ini. Meskipun dirinya sudah lulus kuliah dan sudah bekerja di perusahaan swasta, namun dirinya sengaja meluangkan waktu untuk ikut webinar. Sebagai seorang perempuan sekaligus seorang ibu, tema yang diangkat di webinar literasi digital perdana ini dirasakan sangat membantu upgrade wawasan.

“Ya mau tahu saja. Kan temanya menarik. Kita ingin tahu dong, sebenarnya seperti apa bersikap terkait media sosial ini. Ya nambah ilmu pastinya. Saya sengaja izin ke kantor, ingin ikut webinar ini. Ini sangat bermanfaat saya rasa,” ujar Dayana usai ikut webinar di kantin kantornya.

Terpisah, Bupati Bungo H Mashuri berharap masyarakat bisa ikut kegiatan ini. Bupati menilai kegiatan ini bisa menjadi sumber ilmu bagi masyarakat Bungo. Tak hanya untuk mahasiswa, pelajar ataupun pegawao. Dirinya berharap masyarakat luas bisa ikut serta menjadi bagian dari literasi digital ini.

“Tentu ini menarik. Momen ini mesti disambut baik. Bagaimana perkembangan tehknologi yang pesat di era saat ini, tentu kita juag harus mengikutinya. Artinya ikut tapi jangan sampai kebablasan. Makanya saya rasa literasi digital ini sangat edukatif,” ujar H Mashuri.

Bagi masyarakat, terus update yuk literasi digitalmu dan jangan lupa untuk terus mengikuti webinar kita ya! Gunakan juga tagar #MakinCakapDigital dalam setiap postinganmu terkait literasi digital. Untuk informasi kegiatan selanjutnya, kunjungi akun Instagram @siberkreasibungo . Salam Literasi Digital.

Literasi Digital di gawangi tim kerja wilayah Sumatera 1 di Koordinatori oleh Irfan Nugroho, Leader Provinsi Jambi, Sumatera Selatan Bangka Belitung Isabella, S.IP, M.Si, dan Runner Kabupaten Bungo Akhmad Ramadhan.

Akhmad Ramadhan menyampaikan, tema Bijak Dalam Bermedia Sosial dinpilih sebagai tema pertama karena dunia medsos sudah masuk ke tingkatan sosial masyarakat manapun. Penting bagi masyarakat untuk mendapatkan edukasi agar beraktivitas di media sosial tidak keliru, serta dapat memanfaatkan media sosial sebagai akses yang positif.

Menurut Runner Kabupaten Bungo ini, Webinar kedua akan di lakukan kembali pada tanggal 15 Juni 2021.

“Webinar selanjutnya akan kita gelar Minggu depan, tentunya dengan tema dan pemateri berbeda,” tutupnya. (Sp)

ADVERTISEMENT