Hadiri Rakornas di Makassar, Khaidir : Enam Poin Penting Dibahas, Salah Satu Nasib Honorer

Kasat Pol PP & Damkar Bungo, bersama Wakil Menteri Dalam Negeri John Wempi Wetipo dalam Acara Rakornas Satpol PP di Makassar. Foto : sidakpost.id/Dok Sat Pol PP Bungo

SIDAKPOST.ID, BUNGO – Kasat Pol PP dan Damkar Bungo, Khadir mengikuti Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) dalam rangka HUT Pol PP ke -73 dan Satlinmas ke -61.

Rakornas digelar di Phinisi Ballroom Hotel Claro Kota Makassar Provinsi Sulawesi Selatan, Kamis 2 Maret 2023. Diikuti oleh
Kepala Satuan Polisi Pamong Praja se – Indonesia.

Kasat Pol PP Bungo, Khaidir mengatakan, dalam Rakornas di Makassar kemarin ada beberapa poin penting terkait Sat Pol PP kedepan. Tentu yang paling diharapkan di rakornas, sudah disepakati agar tenaga honor kontrak satpol PP tetap berlanjut.

Kasat Pol PP Bungo Bersama Kasat Pol PP se Indonesia di Acara Rakornas. Foto : sidakpost.id/dok satpol pp

“Tentu semua Kasat Pol PP yang hadir di acara kemarin sepakat memperjuangan agar seluruh tenaga honor kontrak tetap berlanjut. Selain PPPK, kami sepakat juga agar ada yang diangkat menjadi ASN,” ujar Khaidir, Selasa (6/03/2023).

Enam Poin Rekomendasi Rakornas Tahun 2023 telah dituangkan dan ditandatangani dalam berita acara, yakni :

1.Menindaklanjuti Berita Acara Rakornas Tahun 2022 yang belum terlaksana;

2. Mengusulkan pembatalan Surat Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor B/185/M.SM.02.03/2022 perihal Status Kepegawaian di Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah.

3. Mengusulkan Berita Acara Kemendagri untuk menertibkan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (PERPU) Pasal 256 ayat (1) dan (2) Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah.

4. Kemendagri melalui Dirjen Bina Administrasi Kewilayahan akan segera menindaklanjuti penguatan Sinergi dan Kolaborasi dengan Kementerian/Lembaga terkait dalam rangka mendukung capaian SPM sub urusan Trantibum di daerah serta penguatan peran Satpol PP dan Satlinmas dalam mendukung penyelenggaraan Pemilu 2024

5.Disepakati bahwa Tuan Rumah untuk pelaksanaan HUT Satpol PP Ke -74 dan Satlinmas Ke -62 Tahun 2024 digelar di Provinsi Sumatera Barat

6.Membatalkan Surat Edaran Permenpan RB tentang Pembatasan Non ASN/Tenaga Banpol dan masih dianggarkan honorarium bagi Non ASN di Tahun 2024.

Penulis : (zek/red)