Pemkab Bungo Sampaikan Laporan Keuangan Daerah TA 2021 ke BPK RI

Dibaca: 198 kali
Bupati Bungo Sampaikan Laporan Keuangan Daerah Tahun 2021 Kepada BPK RI Perwakilan Provinsi Jambi/Foto : sidakpost.id (Juliansyah/dok kominfo)

SIDAKPOST.ID, BUNGO – Bupati Bungo H. Mashuri menyampaikan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Kabupaten Bungo Tahun Anggaran (TA) 2021 kepada BPK RI yang diterima oleh Kepala Perwakilan BPK RI Provinsi Jambi, Rio Tirta, Senin (7/03/2022).

Dalam kesempatan itu Bupati Bungo menyampaikan gambaran keuangan daerah Kabupaten Bungo saat ini.

“Syukur alhamdulillah, berkat kerja keras dan kerja cerdas semua komponen, serta komunikasi yang intensif antara Pemerintah Daerah dengan DPRD Bungo dapat kembali bangkit,”ujar Mashuri.

Bupati Bungo Bersama BPK RI Perwakilan Provinsi Jambi Usai Sampaikan Laporan Kuangan Daerah 2021/Foto : sidakpost.id (Juliansyah/dok kominfo)

Bukan itu saja, LKPD dapat diselesaikan lebih cepat dari tahun-tahun sebelumnya sehingga hari ini bisa diserahkan kepada BPK Perwakilan Provinsi Jambi guna diaudit sesuai ketentuan yang berlaku.

“Untuk APBD Kabupaten Bungo tahun anggaran 2022 sudah kembali normal. Meski posturnya minimalis tapi, sudah jauh berbeda dibandingkan tahun-tahun sebelumnya,”ujarnya.

Dikatakannya, diantaranya anggaran pendapatan disusun dalam kondisi terukur secara rasional, anggaran pendapatan transfer berpedoman pagu yang sudah ditetapkan, anggaran PAD berdasarkan perhitungan yang cermat sesuai potensi, begitu pula dengan anggaran belanja yang disusun berdasarkan kepastian pendanaan.

“Semua tidak terlepas dari pembinaan yang sudah dilakukan oleh Perwakilan BPK Provinsi Jambi, dimana tahun lalu telah memberikan pil pahit berupa opini WDP sehingga menjadi pemicu kami untuk kembali bangkit,” terangnya.

Kepala Perwakilan BPK Provinsi Jambi Rio Tirta mengatakan, pemeriksaan terinci atas LKPD Kabupaten Bungo akan dilakukan dalam jangka waktu 30 hari kedepan, yang dilanjutkan dengan tahapan penyusunan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP), dan puncaknya penyerahan LHP yang diperkirakan pada pertengahan bulan Mei 2022.

“Pada saat audit terinci nanti akan dilakukan pendalaman lebih lanjut terhadap berbagai dokumen dan permintaan keterangan pada pihak-pihak terkait. Mudah-mudahan hasilnya positif,”katanya.

Bahkan kata Rio, bila ini merupakan prestasi yang prestisius sehingga layak untuk disebarluaskan kepada berbagai Pemerintah Daerah yang saat ini tengah mengalami defisit anggaran yang masif, dengan tujuan kembali bangkit dan pulih seperti halnya Pemerintah Kabupaten Bungo saat ini.

“Kami  sangat mengapresiasi kepada pemerintah Kabupaten Bungo, karena  yang pertama sekali menyerahkan LKPD untuk dilakukan pemeriksaan,”cetusnya.

Berdasarkan informasi dari Tim yang baru saja melakukan pemeriksaan pendahuluan atas LKPD Kabupaten Bungo TA 2021, kami merasa surprise karena pemkab dalam tempo singkat bisa menunjukkan progres luar biasa.

“Kami betul-betul tidak mengira secepat itu pemkab Bungo membalikan keadaan, yang dahulunya mengalami defisit anggaran yang masif, tapi saat ini sudah kembali normal,” tukasnya. (adv/jul)

ADVERTISEMENT