Kampung Tuo Dusun Bukit Telago Terendam Banjir, Aktivitas Warga Lumpuh Total

Dibaca: 361 kali
Anak Sungai Meluap Dusun Tuo Bukit Telago Terendam Banjir/Foto : sidakpost.id

SIDAKPOST.ID, BUNGO – Diguyur hujan deras Kampung Tuo Telago, Dusun Bukit Telago, Kecamatan Pelepat, Kabupaten Bungo terendam banjir. Banjir terjadi karena anak sungai batang senamat meluap membuat aktivitas masyarakat sekitar lumpuh total.

Informasi diperoleh dari warga sekitar, banjir itu terjadi, tadi pagi sekira pukul 7.30 WIB. Karena diguyur hujan deras semalaman akibatnya, warga tidak bisa beraktivitas sebab akses jalan satu-satunya tidak bisa dilewati sama sekali.

Ibrohim tokoh masyarakat setempat mengatakan, anak sungai batang Senamat meluap, akibatnya warga tidak bisa beraktivitas. Ketinggian air di jalan yang dilewati untuk pergi ke kebun mencapai sepinggang orang dewasa.

“Hari ini warga tidak bisa kemana-mana karena jalan yang biasa dilewati banjir. Meski air sempat naik, setelah beberapa jam kemudian surut. Memang rumah tak banyak yang terendam karena rata-rata disini rumah panggung,”kata Ibrohim, Sabtu (6/11/2021).

Dikatakannya, untuk RT 1 ini jumlah KK sebanyak 20 Kepala Keluarga. Meski tak banyak rumah warga yang terendam akan tetapi, aktivitas hari ini lumpuh total kerena tidak bisa kemana-mana.

“Kalau ingin pergi ke kebun tentu pagi-pagi sedangkan banjir terjadi tadi pagi, jadi warga hanya bertahan di rumah saja dan disini juga sudah jadi langganan banjir kalau hujan deras,”ujar Ibrohim.

Hal senada disampaikan Hasan ketika dikonfirmasi menyebutkan, saat banjir rumahnya ikut juga terendam. Memang di Kampung Tuo Telago ini langganan banjir.

“Disini sudah menjadi langganan banjr kalau hujan deras semalaman. Karena kampung Tuo Telago ini dekat dengan anak sungai. Jadi bila hujan semalaman anak sungai batang senamat meluap,” ungkap Hasan. (zek)

ADVERTISEMENT