Tim Pusterad TNI AD, Kunjungi Makodim 0416/Bute

SIDAKPOST.ID, BUNGO – Pembinaan masyarakat untuk dapat mendeteksi dini terhadap gerakan kelompok yang mengarah pada Radikalisme/ Separatisme, dilingkungan sosial, Jajaran Kodim 0416/Bungo Tebo menerima kajian dan pemahaman dan Puldata Kajian dari pusat teritorial Angkatan Darat yang berlangsung di aula Makodim 0416/Bungo Tebo.

Tim yang tergabung dalam kajian Puldata Kajian Pusterad dipimpin oleh Kolonel Inf Awal Nur Koorsahli Pusterad bersama Kapten Inf Heru W. S.IP.

Sebagai pembuka, Dandim 0416/Bungo Tebo Letkol Inf Widi Rahman, S.H,. M.Si memaparkan sekilas situasi dan kondisi Teritorial dua wilayah sebagai tanggung jawabnya.

Baca Juga :  Tak Kenal Lelah, Prajurit TNI Selamatkan 18 Guru Dari Kelompok Separatis di Kampung Aroanop

Disampaikan, melalui kegiatan yang dilaksanakan bertujuan untuk menjalin komunikasi sosial dengan meningkatkan kewaspadaan dini melalui kajian Puldatater dalam pemahaman dalam rangka mewujudkan cegah tangkal Radikalisme/Separatisme.

“Radikalisme atau ada lagi yang bilang Ekstrimisme itu terdiri dari radikal kanan, radikal kiri dan radikal lainnya yang bertujuan merubah ideologi bangsa Indonesia yaitu Pancasila , seperti yang tercantum dalam Pembukaan UUD 1945,” jelas Dandim.

Baca Juga :  Bupati Bungo, Kerajinan Anyaman Masyarakat Harus Dikembangkan

“Selain itu juga, Separatisme, yang ingin memecah belah NKRI. Semuanya itu harus di cegah dan ditangkal,” tandasnya.

Acara yang dipimpin langsung oleh Dandim menghadirkan Danramil 416-01/Rantau Pandan, Danramil 416-07/Rimbo Bujang, Pasi Intel, Pasiter, Danunit, Bati Puanter, Bati Bakti TNI, Bati Komsos, Bati Wanwil, FKUB, Lurah, Kepala desa, Babinsa dan Babinkamtibmas.

Sementara itu, ketua Tim Asistensi Kolonel Inf Awal Nur Koorsahli Pusterad menyampaikan, bahwa TNI merupakan Garda terdepan dalam menjaga tetap utuhnya NKRI.