Gubernur Jambi Al Haris, Kunjungi Candi Tuo Sumay Tebo

Ditemani Pj Bupati Tebo Gubernur Jambi Al Haris Sambangi Candi Tuo Sumay. Foto : sidakpost.id/Lalu

SIDAKPOST.ID, TEBO – Gubernur Jambi Dr H.Al Haris didampingi Pj Bupati Tebo H.Aspan dan sejumlah Kepala OPD mengunjungi lokasi Cagar Budaya Candi Tuo Sumay, bertempat di Desa Tuo Sumay Kecamatan Sumay Kabupaten Tebo, Sabtu (06/08/2022).

Gubernur Jambi Al Haris mengatakan bahwa Pemerintah Provinsi Jambi kedepannya akan melakukan kajian lebih lanjut, agar Candi Tiuo sumay ini bisa dilakukan pemugaran sehingga keberadaannya lebih dikenal.

“Dua Candi yang memiliki jejak historis di Provinsi Jambi yakni satu Candi di Muaro Jambi dan yang satunya lagi Candi Tuo Sumay ini, untuk Candi Muara Jambi sudah mendapatkan anggaran untuk pemugaran lebih lanjut, Kita berharap kedepannya Candi Tuo Sumay ini juga mendapatkan perlakuan yang sama,” ujar Gubernur Al Haris.

Candi Tuo Sumay, sebut Gubernur Jambi, memiliki keterkaitan dengan Candi Muaro Jambi, hal ini dikarenakan keduanya sudah ada pada Abad ke VII.

“Diharapkan kajian kedepannya bisa membuka sejarah yang masih belum diketahui, sehingga masyarakat tahu akan kekayaan sejarah peradaban di Provinsi Jambi dan Tebo khususnya,”pungkanya. (adl)