Serda Afrian Bersama Petugas Damkar Gelar Patroli Karhutla

Dibaca: 107 kali

SIDAKPOST.ID, BUNGO – Guna mencegah terjadinya aksi pembakaran hutan dan lahan, anggota TNI ini melakukan patroli ke kawasan hutan dan perkebunan.

Patroli kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) ini dia lakukan di Dusun Sumber Mulia, Kecamatan Pelepat Ilir, kabupaten Bungo, Selasa (6/8/2019).

Ia adalah Serda Afrian Babinsa Koramil 415-06 Muara Bungo, dari satuan Kodim 0416/ Bungo Tebo. Patroli dilaksanakan bersama damkar dan warga setempat.

Afrian mengatakan, kegiatan yang ia laksanakan itu untuk mencegah terjadinya aksi pembakaran hutan dan lahan di daerah tersebut.

Apalagi kata dia, saat ini Kabupaten Bungo sedang memasuki musim kemarau sehingga rentan terjadinya hal-hal yang berdampak buruk bagi kehidupan banyak orang.

Jalur patroli yang dirinya lalui meliputi perkebunan warga dan hutan yang dianggap menjadi titik rawan terjadinya kebakaran.

“Saat ini cuaca kemarau dan panas, sangat rawan terjadi kebakaran hutan dan lahan. Melalui patroli ini semoga tidak terjadi hal-hal yang kita tidak inginkan,” ujar Serda Afrian, Selasa (6/8).

Selain itu, ia juga melakukan sosialisasi kepada warga di sepanjang jalur patroli. Dirinya mengajak warga agar sama-sama bisa menjaga lingkungan sehingga aksi pembakaran hutan tidak terjadi.

“Kita ingin semua pihak berpartisipasi untuk mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan. Salah satunya adalah tidak membuka lahan dengan cara dibakar,” ujarnya.

Serda Afrian juga meminta warga agar segera melaporkan kepada Babinsa apabila terjadi kebakaran hutan dan lahan di daerah tersebut.

“Jika terjadi kebakaran segera laporkan kepada Babinsa. Kita akan turun memadamkannya bersama pihak terkait,” imbuhnya. (zek

ADVERTISEMENT







ADVERTISEMENT