Memanfaatkan Waktu Luang, Koramil 02/Tanah Tumbuh Budidaya Ikan dan Sayuran dalam Ember

Dibaca: 314 kali
Koramil 416-02/Tanah Tumbuh, Buat Budidaya Ikan Lele dan Sayuran di dalam Ember

SIDAKPOST.ID, BUNGO – Koramil 416-02/Tanah Tumbuh, Kodim 0416/Bute melaksanakan budidaya ikan lele dan tanaman hidroponik seperti kangkung di dalam sarana ember (Budikdamber), pada Rabu (6/05/2020).

Dengan Budikdamber, seseorang dapat beternak lele dan menanam sayuran sekaligus, meskipun di rumahnya tidak memiliki lahan yang bergitu luas saat pandemi Covid-19 melanda.

“Budidaya ikan dan sayuran di dalam ember itu adalah perintah dari Komando atas, untuk selalu ikut memanfaatkan waktu luang disaat mewabahnya virus Corona atau Covid-19,” ujar Danramil Kapten Caj Sugiyanto, Rabu (5/06).

Dikatakannya, selain budidaya sayuran hidroponik di dalam ember, juga bisa dimanfaatkan berternak ikan lele. Untuk sayuran yang ditanam tergantung sarana yang disediakan sehingga bisa maksimal.

“Tanaman yang bisa ditanam juga tergantung dari jenis media yang digunakan. Apabila menggunakan media arang, maka jenis tanaman yang bisa dibudidayakan di antaranya adalah kangkung dan genjer,” katanya.

Sebut Danramil, apabila ingin beternak Lele sekaligus menanam kangkung dalam ember bisa dicoba saat kondisi seperti sekarang. Karena tak ada yang tidak mungkin kalau ada kemauan dari warga sendiri.

“Untuk ikan yang cocok diternak dengan teknik Budikdamber adalah ikan lele, patin, sepat, betok, gabus dan gurame. Untuk ikan yang tahan oksigen rendah. Perlu kajian lebih lanjut untuk ikan-ikan lain,” jelas dia. (zek)

ADVERTISEMENT





ADVERTISEMENT