Warga Tebing Tinggi, Keluhkan Fasilitas MCK Tak Ada

Dibaca: 110 kali
Warga Tebing Tinggi Masih Manfaatkan Aliran Sungai Untuk Mandi dan BAB.

SIDAKPOST.ID, BUNGO – Warga Dusun Tebing Tinggi, Kecamatan Muko-Muko Bathin VII, Kabupaten Bungo Jambi, keluhkan tak adanya dlsarana, Mandi Cuci Kakus (MCK), sekaligus WC tempat buang air besar.

Menurut Rio (Kades), Dusun Tebing Tinggi, Ziadi ketika dikonfirmasi mengatakan, memang ada warga yang sudah memiliki WC di rumah, tapi lebih banyak lagi yang memanfaatkan sungai batang bungo, untuk mandi, sekaligus buang air bedar di sungai.

“Masih banyak masyarakat di dusun saya yang belum memiliki fasilitas MCK sendiri, hal tersebut dikarenakan banyak dari mereka yang tidak mampu, selain itu ada juga yang karena kebiasaan sehingga malas untuk membuat kamar mandi sendiri,” ungkap, Ziadi, Jumat (6/4/2018).

Menurutnya, selama ini pihaknya sudah membangun beberapa fasilitas MCK untuk warga, namun belum memenuhi kebutuhan semua warga, jadi perlu di bangun beberapa unit lagi untuk memenuhinya.

Untuk itu pihaknya berharap agar pemerintah bisa memperhatikan warganya, terutama dalam penyediaan fasilitas MCK yang ada di Dusun.

Sementara, salah satu Yusuf dikonfirmasi dia mengatakan, memang untuk di dusun Tebing Tinggi masih menggunakan aliran sungai yang ada di pinggir sungai. Dan tak sedikit warga yang mandi sekalian membuang hajat di aliran sungai.

“Ya, kalau punya uang pasti mau pak membuat kamar mandi sendiri, yah gimana karena kami belum punya uang, terpaksa menggunakan aliran sungai batang bungo untuk MCK,” ungkap Yusuf.

Berbeda dengan Yusuf salah seorang warga yang lain, Eni mengaku menggunakan aliran sungai batang bungo, hanya untuk mencuci pakaian saja, untuk mandi dan kakus dirinya mengaku suka di kamar mandinya sendiri.

“Karena saya sudah punya kamar mandi sendiri jadi saya hanya mencuci pakaian saja di aliran sungai batang bungo, untuk yang lainnya saya lakukan di rumah saja,” ungkapnya. (zek)

DIRGAHAYU INDONESIA






































ADVERTISEMENT












ADVERTISEMENT

Komentar

Komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*