Bertajuk Wasbang Bela Negara, Aipda Dadan Ajak Generasi Cinta Tanah Air

Dibaca: 149 kali
Aipda Dadan Juanda saat menjadi pemateri, pada pelatihan GP Ansor di Ponpes Roudlotut Tholobin Desa Sarimulya/Foto : sidakpost.id (Amir)

SIDAKPOST.ID, TEBO – Bhabinkamtibmas Polsek Rimbo Ilir, Aipda Dada Juanda menjadi pemateri pada pelatihan Kepemimpinan Dasar (PKD) IV PAC GP Ansor Rimbo Ilir di Ponpes Raudlotut Tholibin Jalan Kopra Desa Sarimulya Kecamatan Rimbo Ilir Kabupaten Tebo, Minggu (06/03/2022).

Aipda Dadan memaparkan, bahwa seperti yang tertuang dalam pasal 27 ayat (3) UUD 1945 berbunyi tiap-tiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam upaya pembelaan negara.

“Selain sebagai kewajiban dasar anak bangsa, juga merupakan kehormatan bagi setiap warga negara indonesia yang melaksanakan dengan penuh kesadaran, tanggung jawab, dan rela berkorban dalam pengabdian kepada negara dan bangsa,”katanya.

Bahkan kata Dadan, tujuan bela negara adalah untuk mempertahankan kelangsungan hidup bangsa dan negara, melestarikan budaya, menjalankan nilai-nilai pancasila dan UUD 1945.

Berbuat yang terbaik bagi bangsa dan negara, menjaga identitas dan integritas bangsa dan negara. Sikap bela negara untuk membentuk sikap disiplin waktu, aktivitas dan pengaturan kegiatan lain.

“Untuk membentuk jiwa kebersamaan dan solidaritas antar sesama rekan seperjuangan, membentuk mental dan fisik yang tangguh, rasa kecintaan pada bangsa dan patriotisme sesuai dengan kemampuan diri,”kata Dadan.

Lebih jauh Dadan menyampaikan, Jiwa kebangsaan dan nasionalisme sedikit demi sedikit sepertinya mulai memudar dikalangan generasi muda.

“Semua dapat terlihat penghormatan terhadap Pahlawan Nasional dan cinta terhadap tanah air tidak lagi seperti generasi tua di masa lampau,”cetusnya. (asa)

ADVERTISEMENT