Kompak Babinsa Kopda Sugiafto dan Kades Tanam Tanaman Toga

Dibaca: 191 kali

SIDAKPOST.ID, TEBO – Babinsa Kopda Sugiafto dan Sofwan Kades Pagar Puding Seberang, Kecamatan Serai Serumpun, Kabupaten Tebo, melakukan menanam dan menyiram Tanaman Obat Keluarga (TOGA) milik kantor Desa setempat, Rabu (6/3/2019).

Kopda Sugiafto mengatakan, toga desa sengaja ditanam di seputaran halaman kosong di depan kantor Desa. Karena tanaman toga adalah hasil budidaya rumahan yang berkhasiat sebagai obat.

“Pada hakekatnya Toga ini di tanam pada sebidang tanah, baik di halaman rumah/Kantor, kebun ataupun ladang yang digunakan untuk membudidayakan tanaman yang berkhasiat sebagai obat dalam rangka memenuhi keperluan keluarga akan obat-obatan,” kata Kopda Sugiafto.

Dikatakannya, pemanfaatan lahan kosong yang ada di Kantor desa Pagar Puding Sebarang ini bertujuan untuk membudidaya tanaman obat untuk keluarga (TOGA) kegiatan ini dapat memacu usaha kecil dan menengah di bidang obat-obatan herbal sekalipun dilakukan secara individual.

“Setiap keluarga bisa juga membudidayakan tanaman obat secara mandiri dan dilokasi rumah masing-masing. Dengan memanfaatkannya, sehingga akan terwujud prinsip kemandirian dalam pengobatan keluarga,” ucapnya.

Sementara Kades Safwan mengatakan, tanaman yang dipelihara di pekarangan Kantor Desa tidak memerlukan perawatan khusus, baik sebagai bumbu dapur atau bahan obat. Perlakuan khusus dalam budi daya tanaman obat dilakukan dalam skala usaha, dengan tujuan untuk memperoleh kualitas dan kuantitas hasil yang optimum.

“Dalam budi daya tanaman obat dapat dimanfaatkan pupuk organik untuk menambah unsur hara mineral yang dibutuhkan tanaman. Pupuk organik yang digunakan di antaranya adalah pupuk kandang, kompos, sampah dapur, dan serasa daun,” ujar Kades. (zek)

ADVERTISEMENT







ADVERTISEMENT