Meriahkan HUT Jambi, Emak-emak di Bungo Masak Lemang

Tampak, emak-emak bersemangat membuat lemang sambut kemeriahan HUT Jambi. Jumat (6/1/2023). Foto : sidakpost.id/Jul. Biro Bungo

SIDAKPOST.ID, BUNGO –  Berbagai cara warga dalam merayakan hari ulang tahun (HUT) provinsi Jambi ke-66. Karena cara unik tapi penuh kebersamaan antar warga.

Seperti yang dilakukan oleh emak-emak di Dusun Tanah Periuk, Kecamatan Tanah Sepenggal Lintas, kabupaten Bungo.

Dimana lemang masakan tradisional ini biasa ditemukan saat hari besar Islam saja, namun kali ini momen HUT provinsi Jambi memasak lemang.

Seperti diungkapkan oleh warga bernama Thamsir bahwa tradisi membuat lemang ini sudah menjadi kebiasaan masyarakat. Tak hanya pada hari besar Islam saja, tapi di HUT Jambi juga ikut memasak lemang.

“Ini kan hari ulang tahun Jambi jadi kita patut bersyukur karena provinsi Jambi kini sudah menginjak umur 66 tahun. Bentuk rasa syukur maka warga memasak lemang secara bergotong royong,” ucap Thamsir.

Kata dia, membuat lemang juga sebagai bentuk kebersamaan serta meningkatkan silaturahmi dengan tetangga. Semua yang dilakukan oleh emak-emak tak lain untuk menjago budayo lamo.

“Setelah lemang masak, nantinya akan di santap bersama-sama di halaman rumah, penuh kebersamaan dan keakraban,” kata  Thamsir. (Jul)