Jelang UKW, JOIN Terus Matangkan Persiapan

Dibaca: 335 kali

SIDAKPOST.ID, BUNGO – Bulan Maret 2021 ini, Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Jurnalis Online Indonesia (JOIN)  berencana menggelar Uji Kompentensi Wartawan (UKW) bagi wartawan di Kabupaten Bungo. Mengingat masih siatuasi covid-19, maka kegiatan akan digelar sesuai protokol kesehatan.

“Kalau tidak ada halangan insya allah UKW nanti akan digelar Maret 2021. Dalam pelaksanaannya nanti, akan menerapkan prokes kesehatan ketat,” kata Zakaria ketua DPW JOIN Jambi, Rabu (6/1).

Selain itu, lanjut Zakaria, para peserta nantinya juga diwajibkan mengenakan masker dan untuk peserta juga terbatas. Jadi dalam pelaksaannya nanti benar-benar mengikuti prokes covid-19. Untuk peserta juga terbatas hanya 35 orang.

“Jadi bagi kawan-kawan wartawan yang ingin ikut UKW nanti bisa datang langsung ke Sekre JOIN di Komplek SS lama Pasar Bawah Muara Bungo. Untuk pendaftaran akan dibuka Februari mendatang. Penguji akan didatang dari Jakarta dengan Lembaga Penguji yang sudah ditetapkan dewan pers,”kata Zakaria.

Dikatakan, semua peserta nanti wajib melengkapi persayaratan ditentukan oleh panitia pelaksana. Untuk biaya masing – masing peserta sebesar Rp 2,5 juta. Untuk tanggal dan tempat pelaksanaan akan dibahas lebih lanjut dikemudian hari. Akan tetapi, pendaftaran akan dibuka bulan depan.

Dalam pelaksanaan UKW tahun ini para peserta diwajibkan untuk mengikuti UKW secara berjenjang. Maksudnya, untuk wartawan yang masih melakukan peliputan di lapangan harus ikut UKW Muda dan tidak diperbolehkan untuk ikut yang kategori Madya.

“Untuk ikut yang Madya mereka wajib sudah mengikuti UKW Muda dahulu. Begitu juga untuk ikut yang Utama, mereka wajib sudah ikut yang Madya, harus berjenjang,” cetusnya. (cr1)

ADVERTISEMENT