Lewat DD & ADD, Rio Ayub Fokus Membangun Dusun

Dibaca: 289 kali

SIDAKPOST.ID, BUNGO – Datuk Rio (kepala desa) Dusun Pekan Jumat, Kecamatan Muko-Muko Bathin VII, Kabupaten Bungo Jambi, saat ini tengah pokus membangun Dusun. Pasalnya dengan Dana Desa dan ADD pihaknya gencar melakukan pembangunan disegala bidang.

M Ayub Rio (Kades) Dusun Pekan Jumat, saat dijumpai dikediamannya mengatakatan bahwa, semenjak dia menjadi Rio, dirinya selalu fokus kepada sarana penunjang infrastruktur yang ada di Dusunnya.

Jalan Rabat Beton Menuju Kebunan Warga, Yang Dibangun Dari Anggaran Dana Desa, Dusun Pekan Jumat, Kec. Muko-Muko Bathin VII.

Menurutnya, didalam menjalankan roda pemerintaha yang ada di dusunnya itu, Ia selalu berkoordinasi denga semua elemen yang ada, baik itu, Sekdus, LPM, BPD, hingga tokoh Adat tokoh masyarakat yang ada selalu dilibatkan.

“Yang jelas untuk menghidari fitnah, kita selalu bangun keharmonisan dengan seluruh lapisan masyarakat dengan asas keterbukaan. Dengan begitu semua yang akan kita bangun bisa terlaksana dengan baik, ” ujar Datuk Rio, Ayub.

Rumah Bersalin Dusun (desa red) di Dusun Pekan Jumat.

Dikatakannya, adapun pembangunan yang sudah dilaksanakan pada tahun 2017 lalu, diantaranya, pembuatan jalan rabat menuju kebun warga, P. 820 M x L.1,5 M x 10 CM lokasi Kampung Sawah, sumber dana yakni dana desa (DD).

Selain itu, pembangunan kantor Dusun (desa) agar bida melayani masyarakat secara aktif dengan sumber dana dari dana desa. Dan rumah bersalin, tian tedmon, Jamban, turab dan masuh banyak yang lainnya. Selain fokus pada infrastruktrur, pemeberdayaan masyarakat juga dilaksanakan.

“Selain dana desa pembangunan juga didukung oleh dana Gerakan Dusun Membangun (GDM) yang tak lain program dari Bupati Bungo yang kini insya Allah ditauhun ini, genap menjadi 250 per Dusun termasuk Dusun kami, ” ungkapnya.

Selain itu kata dia, dari anggaran dana yang ada dia juga membangun beberapa titik Pos Kamling. Menurutnya, Pos kamling juga memberikan pertolongan serta pemeliharaan keselamatan masyarakat dari segala macam bentuk bahaya yang dapat ditimbulkan yang kapanpun bisa terjadi.

“Jadi dengan adanya bantuan dari pemerintah itu, kami manfaatkan sebaik-baiknya untuk memajukan Dusun (desa) dan menyejahterakan masyarakat. Nah di tahun ini mana yang belum dibangun akan kita bangun secara merata untuk kepentingan masyarakat banyak, ” imbuh Rio, M Ayub di kediamannya. (zek)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT




ADVERTISEMENT