Jika Terpilih, CE Bakal Bawa Kualitas SDM Jambi Berlari Meninggalkan Provinsi Lain

Dibaca: 132 kali

JAMBI – Cagub Jambi Cek Endra sangat optimis bakal bisa meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) di Provinsi Jambi, jika terpilih nantinya. Dasar keyakinannya adalah berangkat dari keberhasilannya dalam meningkatkan SDM di Kabupaten Sarolangun.

Kepada wartawan di sela-sela persiapan debat kandidat pamungkas, CE mengatakan bahwa peningkatan kualitas SDM memang menjadi perhatian serius dari paslon CE-Ratu.

Menurut Cek Endra, dirinya akan berusaha sekuat tenaga untuk membangun SDM Jambi yang lebih cerdas, terampil, berakhlak mulia dan berdaya saing tinggi.

“Sebagai wujudnya, jika nanti saya diberi amanah menjadi Gubernur Jambi, saya akan naikkan alokasi anggaran pendidikan. Selain itu, peningkatan kesejahteraan guru dan beasiswa kepada anak yang masuk kategori tidak mampu,” beber Cagub nomor urut 1 ini.

“Selain itu, akan kita telurkan program-program peningkatan kompetensi,” bebernya lagi.

Kemudian, lanjut CE, perhatiannya nanti juga akan tertuju kepada perguruan tinggi. Karena perguruan tinggi dianggap mempunyai peran penting dalam upaya peningkatan mutu dan kualitas SDM.

“Nanti, kita akan berikan kebebasan seluas-luasnya bagi pengelola pendidikan untuk mengembangkan perguruan tinggi yang tentu diselaraskan dengan visi dan misi pembangunan.” tegasnya.

Ditambahkan CE, dengan tingginya partisipasi perguruan tinggi negeri atau swasta, maka para intelektual akan muncul dan berkiprah dalam pembangunan daerah.

“Kita nanti akan runut peningkatan SDM dari tingkatan pendidikan terbawah hingga ke perguruan tinggi. Semua tahu, Jambi ini punya banyak perguruan tinggi yang punya akreditasi kelas atas. Kedepan kita berharap, perguruan tinggi di Jambi menjadi tujuan pendidikan bagi anak-anak Jambi khususnya dan umumnya anak dari berbagai penjuru Indonesia.” paparnya.

Lebih jauh dikatakan, CE sadar bahwa dalam membangun SDM yang tangguh harus didukung seluruh stakeholder mulai dari lingkungan keluarga, SD hingga ke perguruan tinggi. Persaingan yang ketat seperti saat ini tentu tidak hanya bicara tentang ilmu pengetahuan, tetapi juga dibutuhkan skil mumpuni.

“Kesimpulannya adalah, sekolah-sekolah kita bangun dan benahi, perbanyak sekolah kejuruan yang menempa siswa siap kerja. Guru berkualitas ditambah dalam menunjang lulusan yang tidak hanya punya hard skill tetapi juga punya soft skill.” jelasnya.

Terakhir menurut CE, dirinya bersama dengan Cawagub Ratu Munawaroh juga akan merangsang kreativitas pelajar dalam mengembangkan wawasan berpikir para generasi muda Jambi. Dengan begitu, manusia-manusia yang profesional yang berkualitas akan terbentuk.

“Insya Allah, dengan semua perencanaan yang matang itu, di bawah pimpinan CE-Ratu, SDM Jambi akan berlari meninggalkan provinsi lainnya,” pungkas CE. (zek)

ADVERTISEMENT