Dibanding Paslon Lain, Hanya Elektabilitas CE-Ratu yang Punya Trend Kenaikan

Dibaca: 181 kali

JAMBI – Dibandingkan dengan pasangan calon (paslon) lainnya, hanya elektabilitas Cagub dan Cawagub Jambi Cek Endra-Ratu Munawaroh Zulkifli (CE-Ratu) yang mengalami peningkatan secara konsisten.

Dari data yang dirangkum, peningkatan elektabilitas pasangan CE-Ratu yang kini berada di angka 42,2 persen itu tidak didapatkan secara instan. Namun, pada awal-awal deklarasi pasangan, elektabilitas pasangan CE-Ratu berada di 8 persen.

Pada bulan April tahun 2020, dari hasil survei Pooltracking elektabilitas pasangan yang mengusung Jargon Jambi Cerah ini berada diangka 8,8 persen. Dua bulan berselang tepatnya pada bulan Juni, dari survei Charta Politika, elektabilitas pasangan CE-Ratu mengalami peningkatan sekitar 4 persen yakni menjadi 12 persen.

Kemudian, di bulan Oktober, peningkatan elektabilitas paling tajam menaungi pasangan nomor urut 1. Kali ini, lembaga survei Sigma yang mengeluarkan hasil dengan persentase 38 persen.

Peningkatan elektabilitas ini diimbangi dengan sudah terbentuknya tim dan relawan serta pergerakan masif kedua kandidat yang menembus desa-desa yang ada di Bumi Sepucuk Jambi Sembilan Lurah.

Selanjutnya, sepekan menjelang hari pencoblosan, elektabilitas pasangan CE-Ratu tidak mengalami penurunan alias semakin naik. Puspol Indonesia mengeluarkan data hasil survei dan menempatkan pasangan CE-Ratu berada diposisi teratas dengan elektabilitas 42,2 persen.

Sementara itu, pasangan nomor urut 2 Fachrori Umar-Syafril Nursal berada diurutan ketiga dengan persentase 23,3 persen. Sedangkan pasangan Al Haris-Abdullah Sani bertengger di posisi dua dengan persentase 26,4 persen.

Menyikapi hal ini, Cagub Cek Endra mengaku bersyukur dengan peningkatan elektabilitasnya. Kata Ce, survei ini menunjukkan masyarakat benar-benar menginginkan perubahan Jambi bersama pasangan CE-Ratu.

“Alhamdulillah, itu hasil yang diinginkan semua masyarakat Jambi. Tentu saja, kita tetap berdoa kepada Allah SWT, semoga hasil ini akan bertahan hingga KPU mengetuk palu tanda kemenangan,” jelas CE.

Dalam kesempatan ini Cek Endra berpesan kepada seluruh tim, simpatisan dan relawan CE-Ratu untuk tetap siaga dan fokus hingga akhir. “Jangan lengah, tetap waspada dan fokus. Jangan mentang-mentang survei tinggi kita lupa diri. Tetap jaga kekompakan,” pungkas CE. (zek)

ADVERTISEMENT