Disdik Bungo, Sambut Baik Mata Pelajaran PMP

Dibaca: 120 kali
Nasrun Kabid SD dan SMP Disdik Bungo

SIDAKPOST.ID, BUNGO – Wacana Kementrian Pendidikan yang akan membangkitkan lagi mata pelajaran Pendidikan Moral Pancasila (PMP) disambut baik oleh Dinas Pendidikan Kabupaten Bungo.

Nasrun, Kabid Dikdas, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Bungo mengatakan, sebagai pelayan pendidikan yang menaungi TK, PAUD, SD, dan SMP sangat setuju dengan wacana menghidupkan kembali mata pelajaran PMP.

Dikatakan, PMP di dalamnya terkandung nilai moral, etika, dan penerapan pancasila. “Disitu merupakan implementasi moral pancasila, moral etika budaya, dan karakter,”ujarnya, Rabu (5/12).

Nasrun menambahkan, pada prinsipnya pihaknya sangat setuju memasukkan PMP dalam mata pelajaran. Jika benar akan dijadikan mata pelajaran untuk implementasi kedaerahnya perlu surat legalitas formal dari Kementria Pendidikan.

“Kalau sudah ada peraturan menteri yang memasukkan kembali mata pelajaran umum ke kurikulum K13 kami akan segera menyampaikan kepada satuan pendidikan di Kabupaten Bungo,” jelasnya.

Lanjutnya, kalau legalitas formal ada maka pihaknya akan mencari buku pedoman untuk mata pelajaran PMP.

Sementara itu, Triyono, Kabid Pembinaan Guru dan Tenaga Kependidikan mengatakan hal serupa. Jika sudah masuk dalam mata pelajaran, kita tinggal melaksanakan.

“PMP ini bentuk antisipasi, bahwa sekarang banyak disinyalir, remaja usia sekolah, sudah banyak mengalami penurunan, dari segi sopan santun kecintaan terhadap NKRI, akhlak dan sebagainya,” jelasnya.

Sebagai informasi, PMP ini mata pelajaran yang beberapa puluh tahun lalu telah diterapkan. Namun seiring berjalannya waktu, PMP berubah menjadi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn), lalu berubah lagi sampai sekarang menjadi Pendidikan Kewarganegaraan (PKn). (zek)

ADVERTISEMENT


Komentar

Komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*