Lagi, SPBU Pal 3 Bungo Diduga Terima Pelangsir Solar Bersubsidi Dalam Jumlah Besar

Dibaca: 986 kali
Inilah Minyak Solar Bersubsidi Yang Dilangsir di SPBU Pal 3 Muara Bungo.

SIDAKPOST.ID, BUNGO – Lagi-lagi Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) Pal 3 Muara Bungo Jambi, kembali berulah, pasalnya sebelumnya SPBU tersebut pernah menjadi keluhan masyarakat bungo terkait dugaan takaran literannya yang ada di SPBU tersebut bermasalah.

Namun kali ini puluhan ton minyak Solar bersubsidi kembali dilangsir mengunakan puluhan jerigen (Galon) dengan mobil fick up Carry, L 300, Peroza, Kijang dan Avanza untuk dibawa ke Kabupeten Merangin.

Inilah Detik-detik Para Pelangsir Solar di SPBU Pal 3 Muara Bungo Jambi.

Aksinya tersebut diketahui pada Minggu malam (5/11/2017) yang dimulai pada pukul 01.00 sampai pukul 04.00 Wib dini hari.

Pantaun dilapangan, aksi nakal pihak SPBU seakan-akan tak ada jeranya, karena beberapa waktu lalu, ditempat yang sama di SPBU tersebut pernah juga diketahui melangsyir minyak solar dalam skala yang cukup besar.

Salah satu pelangsir, A mengaku bahwa, dia semalam melangsir minyak, dalam jumlah yang cukup besar. Dengan bermodalkan puluhan galon dan uang pelicin dirinya dengan bebas melangsir minyak solar tersebut.

“Kami beli minyak solar ini tentunyo ado uang galonnyo bang (Uang pelicin -red), makonyo bebas kami mau mengisi menggunakan galon,” ungkap A saat sibincangi dilokasi SPBU.

Terpisah salah satu operator di SPBU pal 3 ini mengatakan, aksi nekat ini katanya ia lakukan atas perintah Managernya, sehingga mereka berani untuk melakukan aktivitas ilegal tersebut.

“Kami bekerja atas suruhan manager, kalau dakdo disuruh kami jugo dak berani bang,”ungkapnya.

Sementara Anton, Manager SPBU milihat tim investigasi dilapangan terlihat emosi karena aksi pengisian solar yang dilangsir menggunakan galon dalam jumlah besar kembali diketahui.

“Maksud kamu apo? apo mau kamu ini?,”ungkap Anton dengan nada emosi, sembari pergi meninggalkan rekanan.

Terpisah SY tokoh pemuda Kabupaten Bungo yang mengetahui hal ini sangat menyayangkan aksi pelangsiran besar-besaran ini.

Seharusnya tim terkait harus memantau lebih ekstra agar minyak solar bersubsidi di Kabupaten Bungo untuk masyarakat ini memang tepat peruntukannya.

” Sayo heran di SPBU ini, kerap kali menerima pelangsir minyak solar bersubsidi. Aksi ini bukan yang pertama kali namun sudah sering dilakukan oleh pihak SPBU,” ungkapnya.

Lanjutnya, kasian lah masyarakat yang membutuhkan solar tak dapat minyak lagi, karena sudah habis. Seharusnya tim pengawas dari dinas Koperindag harus lebih tegas.

“Kalau perlu rekomendasikan ke pertamina untuk pencabutan izinnya, karena memang terang-terangan dan sengaja dilakukannya demi keuntungan yang lebih besar lagi dan menciderai hak-hak masyarakat kecil,” harapnya.

Rudi Lesmana Kabit perdagangan, Dinas Koperasi UKM dan perindag Kabupaten Bungo saat dikomfirmasi, ia mengaku sangat geram dengan ulah SPBU ini, katanya secara berkala ia sudah memperingatkan pihak SPBU, tapi nampaknya masih saja membandel.

“Besok kami akan kembali kroscek kelapangan, kalau memang terbukti nanti, maka kami akan langsung surati pihak pertamina untuk merekomondasi pencabutan izinnya,” tutup Rudi.(Sp03)

ADVERTISEMENT





ADVERTISEMENT