Pemilihan Ketua Pasar Bawah Muara Bungo Layaknya Pemilu

Tempat Pemilihan Suara (TPS) Pemilihan Ketua Pedagang Pasar Bawah (P3B). Rabu (5/10/2022). Foto : Juliansyah/sidakpost.id

SIDAKPOST.ID, BUNGO – Hari ini pedagang Pasar Bawah Muara Bungo (P3B) menggelar Pemilihan Ketua Pedagang untuk masa bhakti 2022-2027, Rabu (5/10/2022).

Uniknya, proses pemilihan yang berlangsung dilingkungan pasar bawah tersebut dilaksanakan layaknya pemilihan umum, lengkap dengan bilik suara, panitia pemungutan suara, saksi, dan kertas pencoblosan.

Baca Juga :  Kota Jambi dan Bungo Kembali Alami Inflasi, Ini Penyebabnya

Dari pantauan, pemilihan secara demokratis itu disambut antusias oleh pedagang. Hal itu tampak mereka memenuhi Tempat Pemungutan Suara (TPS) untuk menyalurkan hak pilihnya.

Ketua Panitia Pemilihan Darmadi, menyebut Pemilihan layaknya pemilu ini kali pertama dilakukan. Menurut nya, pada pemilihan ini dilakukan secara terbuka dan transparan, dan dilakukan langsung dilingkungan pasar bawah.

Dalam pemilihan ini, Darmadi menyebut terdapat dua pasangan calon, nomor urut 1, H. Syaiful Acik Bilal, S.Pd.I berpasangan dengan Hambali ( Cik Am). Dan Nomor urut 2, Fahri Rifa’i dan Ir. Edizulmentri Yatri.

Baca JugaMenang Telak, H Rinaldi Resmi Jadi Ketua Persatuan Pedangan Pasar Atas

“Ada 1.072 mata pilih, yang merupakan para pedagang di pasar bawah. Dimana tiap-tiap pemilih sudah diberikan undangan untuk menentukan hak pilihnya,” ujarnya.

Darmadi, berharap proses pemilihan serupa dapat dilaksanakan kembali setiap kali pemilihan ketua pedagang pasar bawah (P3B).

“Kita berharap kepada Ketua pedagang yang terpilih nantinya, dapat memberikan perubahan yang lebih baik lagi dan menjadi pengayom serta perpanjangan tangan bagi para pedagang,” ungkapnya. (Jul)