Gerakan Tanam Cabai di Pekarangan, Hadang Inflasi Lonjakan Harga

Ikustasu panen cabai merah. Foto : istimewa

SIDAKPOS.ID, MUARO JAMBI – Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Muaro Jambi, mencanangkan program pembuatan Pekarangan Pangan lestari ( P2L) melalui Gerakan Tanam (Gertam) Cabe di perkarangan, upaya program ini untuk penguatan ketahan pangan di Daerah Kabupaten Muaro Jambi.

Kadis Ketahanan Pangan Kabupaten Muaro Jambi, Ardanus dikonfirmasi menyebutkan, upaya penguatan ketahanan pangan bertujuan untuk menghadang sekaligus mengatasi inflasi harga Cabai di Provinsi Jambi, oleh sebab itu Dinas Ketahanan Pangan membuat gebrakan Pekarangan Pangan lestari melalui program Gertam Cabai.

Kebutuhan Cabai masyarakat Kabupaten Muaro Jambi dalam satu tahunnya 763 ton sedangkan satu bulan 64 ton dan satu minggu 15 ton. Pj Bupati melalui Dinas Ketahanan Pangan mengajak kepada pejabat dari eselon II dan III, agar dapat menanam Cabai 10 batang untuk eselon II sedangkan 5 batang Cabai untuk eselon III sesuai dengan program ketahanan pangan.

“Pemerintah Pusat melalui Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Muaro Jambi, mempunyai Program P2L dan ada 10 kelompok tani yang mendapatkan bantuan Rp 60 juta untuk kelompok penumbuhan, sedangkan untuk kelompok pengembangan Rp 35 juta untuk menanam Cabai,” tukas Ardanus. (wir)