Serka Sutiyono Koramil 416-07, Ajak Warga Budidayakan Toga

Dibaca: 50 kali

SIDAKPOST.ID, TEBO – Babinsa Serka Sutiyono Koramil 416 – 07/Rimbo Bujang Kodim 0416/Bute, mengajak masyarakat diwilayah binaannya Desa Tegal Arum untuk memanfaatkan lahan kodong dan pekarangan rumah dengan membudidayakan Tanaman Obat Keluarga (Toga) maupun Sayur – mayur.

Selain produktifitasnya untuk memenuhi kebutuhan keluarga, juga dapat menopang untuk menambah pendapatan ekonomi.

Hal tersebut diungkapkan oleh Babinsa Serka Sutiyono, saat bergotong royong dengan warga mengolah lahan Untuk Budidaya Toga. Bertempat di seputaran Komplek Kantor Pemerintah Desa Tegal Harum, Kamis (5/9/2019).

Lebih jauh Babinsa Serka Sutiyono menuturkan, pemanfaatan lahan terlantar maupun lahan disekeliling pekarangan rumah dengan menanami Toga yaitu jenis tanaman obat – obatan tradisional peninggalan leluhur nenek moyang kita zaman dahulu kala.

“Dapat disimpulkan,tanaman Toga terbagi menjadi dua yaitu tanaman yang hanya dimanfaatkan daunnya saja seperti daun kelor, daun bidara, daun pegagan, daun dewa dan lainnya. Kedua tanaman yang bisa dimafaatkan buah dan akar batangnya, seperti delima, ceremai, cengkeh, jahe, kencur, jambu biji, temulawak, asam jawa dan lainnya,” kata Babinsa Serka Sutiyono.

Dikatakannya, pemanfaatan lahan kosong atau pekarangan rumah selain untuk budidaya tanaman Toga memenuhi kebutuhan keluarga obat – obatan tradisional yang bebas dari kimia, juga menanami Sayur – mayur guna memenuhi gizi keluarga juga dapat dijual untuk menambah pendapatan ekonomi keluarga.

“Tanaman Toga yang mudah dibudidayakan diantaranya seperti jahe, kencur, dan lainnya. sedangkan jenis sayuran yang mudah ditanam diantaranya bayam, kangkung, kacang panjang, gambas, pare dan lainnya.Mari kita manfaatkan lahan kosong dan pekarangan rumah, dengan tanaman Toga serta Sayuran,” pungkas Serka Sutiyono. (asa)

ADVERTISEMENT