Pemkab Bungo dan IAI Yasni Teken MoU Peningkatan Kualitas SDM

Tampak Sekda Bungo Musrsidi dan Rektor IAI Teken MoU. Foto : juliansyah

SIDAKPOST.ID, BUNGO – Pemerintah Kabupaten Bungo dan Institut Agama Islam (IAI) Yasni Muara Bungo melakukan penandatanganan nota kesepahaman (MoU), dalam rangka pelaksanaan tri dharma perguruan tinggi dan peningkatan kualitas SDM.

Bentuk kerjasama itu, ditandai dengan penandatanganan dilakukan oleh Sekda Bungo Drs. Mursidi bersama Rektor IAI Yasni Muara Bungo Dr. Muhammad Solihin, M.Pd.I bertempat di Aula Kampus IAI Yasni Muara Bungo, Jumat (5/8/2022).

Kegiatan tersebut juga bersamaan dengan acara pembekalan Praktik Pngalaman Lapangan Kependidikan (PPLK) II dan Praktik Kerja Lapangan (PKL) tahun ajaran 2022/2023.

Turut hadir, para Kepala OPD, Kabag, Asisten, Ketua Yayasan Nurul Islam, Drs. M. Idham Kholik, M.E, Wakil Rektor, para dosen serta civitas akademika IAI Yasni Muara Bungo.

Sekda Bungo Mursidi mengatakan MoU antara Pemerintah Kabupaten Bungo dan IAI Yasni Muara Bungo merupakan langkah awal untuk memajukan pendidikan dan meningkatkan SDM di Kabupaten Bungo.

” Pada intinya dari kerjasama ini adalah dalam rangka meningkatkan SDM, ASN dan kegiatan-kegiatan lain di sektor ekonomi, peningkatan UMKM dan lainnya. Dengan harapan, kerjasama ini kedepan dapat terjalin sinergi yang baik antara Perguruan tinggi dan Pemerintah Kabupaten Bungo. Selain itu, memudahkan bagi ASN dilingkup Pemkab Bungo melanjutkan pendidikan tinggi,” ujarnya.

Ketua Yayasan Nurul Islam, Drs. M. Idham Kholik, menyampaikan apresiasi dan menyambut baik adanya MoU tersebut.
Menurutnya, IAI Yasni Muara Bungo siap mendukung kemajuan pembangunan daerah, khususnya di bidang pendidikan, hal itu untuk pengembangan sumber daya manusia (SDM).

” Ini penting, karena majunya suatu daerah itu indikatornya adalah perguruan tinggi. Sebagaimana kita tahu di Jambi Wilayah Barat ini khususnya Kabupaten Bungo perguruan tinggi sudah semakin banyak, itu membuktikan bahwa daerah tersebut jauh lebih maju. Insya Allah MoU hari ini akan kita implementasikan dengan kegiatan-kegiatan di lapangan,” ungkapnya.

Sementara itu, Rektor IAI Yasni Bungo, Dr. Muhammad Sholihin berharap IAI Yasni menjadi perguruan tinggi dan sebuah lokomotif perubahan, sebuah lembaga pendidikan yang nanti akan berkontribusi bagi pengembangan dan pembangunan daerah kabupaten Bungo.

“Khususnya peningkatan SDM, maka melalui kerjasama nanti banyak hal yang akan kita lakukan bagaimana kedepan SDM di Kabupaten Bungo khususnya Jambi Wilayah Barat ini bisa kita berikan pengembangan ke arah yang lebih baik,” imbuhnya. (Jul)