Webinar LIDIG Kominfo RI : Karang Taruna Bungo Berkomitmen Menjadi Organisasi Cakap Digital

Dibaca: 181 kali

SIDAKPOST.ID, BUNGO – Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia bersama Siber Kreasi kembali menggelar event webinar literasi digital di Kabupaten Bungo. Rabu 4 Agustus 2021.

Webinar Literasi Digital ini makin diminati semua kalangan di Kabupaten Bungo, Provinsi Jambi. Tidak hanya generasi muda, semua kalangan usia dan profesi tanpak bergabung di webinar ke 7 yang di selenggarakan tim Literasi Digital Kominfo RI di Bungo ini.

Tema webinar kali ini yakni. Menjadi Kader Organisasi Kepemudaan yang Cakap Digital. Webinar kali ini kembali di isi oleh 4 pembicara, diantaranya dua pembicara nasional, Jimi N. Mahameruaji, M.Si, Dosen Prodi Televisi dan Film Fikom Unpad dan Rachmat Aditiya, CEO di Arkana Solusi Digital.

Dalam penyampaiannya, pemateri pertama Jimi N. Mahameruaji, M.Si menyampaikan. Penggunaan Media digital kedapan akan makin tinggi, transpormasi media terus makin konfhrensif. Sudah hampir di seluruh lini kehidupan.

Sementara narasumber ke dua, Rachmat Aditiya mengatakan. Keamanan digital penting untuk di pelajari di tengah perkembangan tekhnologi yang makin canggih. Jika tidak ingin menjadi korban di dunia digital, kehati-hatian dan kemampuan mengamati menjadi kunci pertama dalam pengamanan diri di dunia digital.

Beranjak ke pemateri lokal di mana di isi oleh dua akademisi muda, diantaranya. Muhammad Hasbi, S.P., M.Si, Ketua Karang Taruna Kabupaten Bungo dan Akhmad Ramadhan, Sekum MD KAHMI & BPC HIPMI Bungo. Kedua pemateri ini mebahas tentang etika digital dan budaya digital.

Pemateri ke tiga, Muhammad Hasbi, S.P., M.Si, mengungkapkan. Kehadiran transportasi digital dapat pula menjadi momok yang buruk bagi penggunanya jika tidak mengedepankan etika dalam berdigital.

Ia menekankan kepada kader pemuda agar memperhatikan beberapa hal yang diantaranya, kader pemuda harus membentengi penyebaran pornografi, hoax dan ujaran kebencian, radikalisme dan pelanggaran 4 pilir kebangsaan.

Narasumber ke empat, Akhmad Ramadhan lebih mengedepankan bagaimana kader pemuda menghadirkan budaya berdigital yang cerdas dalam tiga hal, yang pertama mengedepankan budaya cerdas berdigital di sosial budaya, kedua membudayakan cerdas berdigital konteks politik di dunua digital dan terakhir membudayakan cerdas berdigital dalam kontek ekonomi di dunia digital.

Menurutnya, perkembangan tekhnologi yang semakin cepat, generasi muda yang tidak memiliki kemampuan skil digital, keamanan digital, etika dan budaya digital akan tertinggal dan sulit bersaing di era 4.0 menuju 5.0.

Webinar kali ini di moderatori oleh Avicena Inovasanti dengan Key Opinion Leader Amaratih, Jurnalis, Presenter “Apa Kabar Indonesia Pagi” TvOne, MC/Moderator.

Menurut KOL ini, di tengah kondisi pandemi, transpormasi digital makin cepat terjadi. Bagaimana pemuda hari ini mampu berkompetisi dan tentunya harus faham peluang serta tantangan dari perkembangan tekhnologi hari ini dan kedepan.

Webinar Literasi Digital Kabupaten Bungo akan kembali di gelar 7 Agustus 2021. Dan semua kalangan dimanapun berada dapat mengikuti webinar dengan mendaftar terlebih dahulu di link di bawah. Webinar ini gratis dan akan mendapatkan E-Sertifikat dari Kementerian Kominfo RI serta 10 penanya terpilih akan mendapatkan E-Money sebesar Rp. 100.000,-.

Link Pendaftaran Webinar LIDIG Bungo 7 Agustus 2021 :
https://s.id/lidigbungo7agustus

Reporter : Zakaria

ADVERTISEMENT