Begini Cara Babinsa Serda Suharyanto Cegah Karhutla

Dibaca: 52 kali

SIDAKPOST.ID, TEBO – Dalam mewujudkan keamanan wilayah binaan dan terhindar dari kebakaran hutan dan lahan, Babinsa Koramil 416-03/Sungai Bengkal melaksanakan sosialisasi ke Desa Olak Kemang, Kecamatan Muara Tabir, Kabupaten Tebo, Senin (5/08/2019).

Serda Suharyanto Babinsa melaksanakan patroli karhutla sekaligus melakukan komunikasi sosial cegah karhutla dengan warga binaan. Salah satu kegiatan adalah menyapa warga sekaligus berdikusi tentang bahaya kebakaran lahan dan hutan di lingkungan desa Ulak Kemang.

“Dengan adanya komunikasi dua arah secara langsung kepada masyarakat diharapkan segala permasalahan terutama kebakaran lahan dapat dihindari dan dicegah serta permasyalahan yang ada dapat diselesaikan dan kami juga menghimbau kepada warga agar segera melaporkan segala kejadian yang ada di Desa kepada aparat kewilayahan,” ujar Serda Suharyanto.

Di tempat terpisah, Danramil 416-03/Sungai Bengkal, Kapten Inf Sulasa Hadi mengatakan, kegiatan Babinsa ini merupakan agenda rutin yang dilaksanakan setiap hari, dengan cara mendatangi tiap-tiap warga yang menjadi binaan dan mengkampanyekan larangan membakar lahan baik disengaja atau tidak karena bagi pelaku mendapat sanksi pidana dan denda yang sangat besar.

“Diharapkan Babinsa akan lebih dikenal masyarakat sekaligus menyerap aspirasi masyarakat yang berkaitan dengan situasi Keamanan wilayah, demikian pula sebaliknya masyarakat akan lebih dekat dengan TNI sehingga apabila masyarakat ada masalah akan lebih mudah diselesaikan,” tandas Kapten Inf Sulasa Hadi. (red)

ADVERTISEMENT