Babinsa Rex Harmodi Koramil 416-07, Tanam Singkong Untuk Ketahanan Pangan

Dibaca: 114 kali

SIDAKPOST.ID. TEBO – Manfaat Singkong atau Ubi bukan berarti makanan ndesa yang tidak bergizi dan justru singkong kaya akan karbohidrat dan mudah dibudidayakan, bahkan Singkong ini dapat diolah menjadi berbagai makanan yang dikonsumsi cukup bagus dalam kesehatan.

Ditengah pandemi Covid-19 seperti sekarang ini masyarakat dituntut untuk tetap bisa mempertahankan ketahanan pangan, salah satu solusi yaitu dengan membudidayakan tanaman Singkong yang mudah didapatkan dan ditanam.

Ungkapan tersebut disampaikan oleh Babinsa Sertu Rex Harmodi Koramil 416-07/Rimbo Bujang Kodim 0416/Bungo Tebo, pada saat bersama Perangkat desa meninjau tanaman Singkong milik Pemdes, di Desa Giripurno Kecamatan Rimbo Ilir Kabupaten Tebo.

Dikatakan oleh Sertu Rex Harmodi, warga supaya Singkong bisa menjadi pengganti beras, untuk itu diperlukan budidaya tanaman Singkong guna mewujudkan ketahanan pangan ditengah masyarakat.

“Kita memang kaya dengan keragaman bahan pokok makanan, untuk itu kita harus pelan-pelan tidak ketergantungan dengan beras, “kata Babinsa Sertu Rex Harmodi, Jumat (05/03/2021).

Sementara itu, Kades Giripurno Sumardi menyebutkan bahwa lahan kosong di komplek Kantor Desa Giripurno ditanami dengan Singkong, gebrakan tanam Singkong ini agar diikuti oleh warga ntuk ketahanan pangan ditengah wabah Virus Corona yang juga belum lenyap sampai sekarang ini.

“Singkong tidak hanya diolah dengan direbus, dibakar, atau digoreng saja. Singkong bisa diolah menjadi tape, getuk, dan makanan lain yang nilai jualnya lebih tinggi, “ujar Kades
Sumardi. (asa)

ADVERTISEMENT