Jelang Musim Penghujan, Babinsa Bantu Warga Bangun Turap

Dibaca: 140 kali

GARUDA PUTIH, TEBO – Babinsa Serda Heri Suseno dari Koramil 07/Rimbo Bujang Kodim 0416/Bute ikut lakukan gotong royong (goro) bersama warga membuat atau membangun Turap yang berlokasi di Jalan Solo Tigo Dusun Pulung Jati Rejo Desa Giriwinangun Kecamatan Rimbo Ilir Kabupaten Tebo.

Pembuatan atau pembangunan Turap yang berlokasi di sepanjang sisi Jalan Solo Tigo Dusun Pulung Jati Rejo Desa Giriwinangun Kecamatan Rimbo Ilir Kabupaten Tebo tersebut menjadi lokasi rawan genangan, akibat rusak atau tidak terbangunnya turap di beberapa titik wilayah Desa Giriwangun.

Kondisi tersebut pun kian dikhawatirkan warga. Pasalnya, menurut data statistik Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) diketahui saat ini musim penghujan.

“Jalan di sekitar Solo Tigo memang sering banjir, karena tidak ada turap jadi air gampang limpas. Kalau sudah begitu, bukan cuma jalanan jadi cepet rusak, banjir sampe kecelakaan juga sering kejadian,” jelas Fitriono Kepala Dusun Pulung Jati Rejo Giriwinangun, Selasa (5/3/2019).

Dirinya mengangkat jempol tinggi-tinggi atas peran aktifnya Babinsa Serda Heri Suseno dari Koramil 416 – 07/Rimbo Bujang yang secara langsung mau membantu membangun turap secara swadaya bersama warga Dusun Pulung Jati Rejo Desa Giriwinangun.

Tanpa dimintai bantuan, pak babinsa pun terlihat pro-aktif membantu warga guna mempercepat proses pembangunan turap yang rencananya akan dibangun sepanjang 67 meter.

“Kalo begini, saya salut, tidak pake basa-basi, langsung dikerjain, kita warga juga tidak merasa berat membantu karena kehadiran Pak babinsa, soalnya kan buat kepentingan bersama,” jelasnya Fitriono.

Sejurus dengan keterangan Kadus, puluhan warga berbagai usia pada Selasa pagi terlihat antusias membantu guna merampungkan pembangunan turap. Pasalnya, nantinya dapat untuk menahan tanah longsor Jalan.

Terlebih saat musim penghujan dilokasi ini rawan tanah longsor, yang dapat menutupi Jalan dan akses transportasi bisa terganggu, ujar Kadus.

Pihaknya juga mengucapkan terima kasih kepada Babinsa Koramil Rimbo Bujang yang selama ini sering menyambangi Dusun Pulung Jati Rejo.

“Terima kasih kepada Bapak Babinsa Serda Heri Suseno , yang aktif memantau dan memonitor kamtibmas di Dusun Pulung Jati Rejo dan kita berharap jalinan kemitraan ini terus berlanjut, ” tutup Kadus Fitriono.

Babinsa Serda Heri saat dikonfimrasi mengatakan bahwa Pembangunan turap sepanjang 67 meter ini adalah murni Swadaya masyarakat, khususnya untuk mengantisipasi musim penghujan.

”Pembuatan Turap sepanjang 67 meter di Dusun Pulung Jati Rejo Giriwinangun ini murni swadaya masyarakat dan diharapkan nantinya dapat untuk menahan tanah longsor Jalan, terlebih dimusim penghujan diokasi ini rawan tanah longsor, yang dapat menutupi Jalan dan akses transportasi bisa terganggu,” ujar Babinsa. (*)

(Penrem042gapu)

ADVERTISEMENT





ADVERTISEMENT