Antisipasi Bencana Banjir, Sertu Rinaldi Komsos di Rumah Warga Binaan

Dibaca: 172 kali

SIDAKPOST.ID, BUNGO – Babinsa Koramil 416-06/Muara Bungo, Kodim 0416/Bute, melaksanakan Komunikasi Sosial (Komsos) dengan warga Dusun Sungai Gurun, Kecamatan Pelepat, Kabupaten Bungo, terkait antisipasi bencana banjir, Selasa (5/3(2019).

Menurut Sertu Rinaldi, Komsos dilaksanakan untuk mensosialisasikan serta mengajak warga masyarakat lainnnya untuk mengantisipasi situasi yang dihadapi saat ini yaitu masalah banjir yang kerap melanda wilayah Pelepat, yang diakibatkan oleh curah hujan yang cukup tinggi.

Dalam kegiatan pembinaan teritorial ini, Babinsa menggunakan metode komunikasi sosial agar dapat menyampaikan informasi informasi yang dihadapi saat ini yaitu tentang adanya bencana alam banjir.

Di mata masyarakat, pada umumnya pengertian banjir merupakan hal yang negatif. Hal ini karena banjir selalu berkaitan dengan hal-hal yang merugikan sehingga dapat disebut juga bencana alam.

“Banjir dapat menyebabkan kerusakan parah, khususnya pada daerah yang padat penduduk yang berada di bantaran sungai atau daerah-daerah sering terkena banjir, akibat air sungai meluap,” ujar Babinsa Sertu Rinaldi.

Sertu Rinaldi, ikut serta memberikan saran dan masukan dengan adanya pembersihan di sekitar rumah maupun gotong royong di wilayah dusun paling tidak dapat meminimalisir genangan air akibat hujan sehingga cepat surut.

“Komunikasi sosial dengan lapisan masyarakat merupakan salah satu wujud pembinaan dalam rangka kemanunggalan TNI dan rakyat sehingga terjalin hubungan yang erat antara Babinsa dan masyarakat desa binaannya,” ucapnya. (zek)

ADVERTISEMENT





ADVERTISEMENT