12 Korban KKB, Berhasil Dievakuasi dari Mbua ke Wamena

Dibaca: 139 kali

SIDAKPOST.ID, JAKARTA – Ada empat (4) Karyawan dari PT Istaka Karya (PT-IK) serta delapan (8) warga sipil korban kekerasan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) berhasil di- evakuasi dari Distrik Mbua ke Wamena, Papua. Ke-12 korban dievakuasi menggunakan helikopter TNI.

“Evakuasi dilakukan pada Selasa (4/12/2018) pukul 17.55 WIT. Mereka kemudian dibawa ke Markas Yonif 756/ WMS, ” kata Dandim 1702/ Jayawijaya Letkol Inf Chandra Dianto ketika dimintai konfirmasi pemberitaan.

Chandra Dandim 1702/Jayawijaya membenarkan, ada evakuasi sore tadi (4/12) melalui jalur udara. Jumlahnya ada 12 orang. Ada 4 orang pegawai PT-IK.

Namun, tiga dari korban yang bisa dievakuasi dalam kondisi luka tembak. Ketiganya sudah mendapatkan perawatan medis di RSUD Wamena.

Prihal delapan (8) orang masyarakat di Mbua. Mereka minta dievakuasi, setelah Pos TNI di sana diserang kelompok kriminal sipil bersenjata (KKSB).

Sementara empat (4) orang pegawai PT Istaka Karya yang berhasil melarikan diri ketika penyerangan kamp mereka di Kali Yigi mendapat luka tembakan ketika Pos TNI diserang,” ujar Chandra.

Chandra menuturkan saat ini pihaknya fokus mengevakuasi korban yang selamat. Rencananya, besok mereka akan mengevakuasi korban meninggal.

“Jadi kita evakuasi korban selamat dulu. Rencananya, besok pagi prajurit yang gugur kita evakuasi dengan menggunakan helikopter,” jelasnya.

Saat ini pasukan TNI dan Polri masih berada di Distrik Mbua. Kemudian besok mereka melanjutkan perjalanan ke lokasi penembakan 31 pekerja PT Istaka Karya.

“Pastinya seluruh pasukan saat ini telah menduduki Mbua. Rencananya, besok pagi akan menuju ke Yigi untuk melakukan pengecekan terhadap para pekerja PT Istaka Karya,” tutur Chandra.

Karyawan PT-IK yang bisa dievakuasi:

1. Martinus Sampe, luka tembak di bagian kaki sebelah kiri
2. Ayub mengalami, luka tembak di tangan sebelah kanan
3. Jefri mengalami, luka tembak di bagian pelipis sebelah kiri
4. Jimmi Aritonang, tidak mengalami luka

Warga biasa dievakuasi:

1. Nofianus
2. Yulisus Seram
3. Siman
4. Selpianus Marrur
5. Jhon Fanbua
6. Yulman Mange

(DetikNews/JNN-NAS).

ADVERTISEMENT


Komentar

Komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*