91 Anggota Menwa Sultan Thaha, Ikuti Diksar Bela Negara di Tanjab Barat

Dibaca: 213 kali

SIDAKPOST.ID, KUALA TUNGKAL – Sebanyak 91 anggota Resimen Mahasiswa (Menwa) dari 14 perguruan tinggi di Provinsi Jambi mengikuti Pendidikan Dasar (Diksar) Bela Negara di Alun-alun Kuala Tungkal, Kabupaten Tanjab Barat, Senin (4/11/2019).

Dikasar ini, dilaksanakan selama 10 hari kedepan dengan berbagai latihan diikuti oleh semua anggota menwa baru Sultan Thaha Jambi. Mulai dari latihan di lapangan hingga di dalam ruangan. Itu semua sudah diatur oleh komandan latihan.

“Hari ini, diksar resmi dibuka oleh Danrem 042/Garuda Putih, diwakili oleh Dandim Kodim 0419/Tanjab, Letkol Inf Arry Yudistira. Segala sesuatu sudah kita persiapkan dalam dikasar kali ini,” kata Rauf, Senin (4/11/2019).

Dikatakan, selama 10 hari hari kedepan seluruh calon anggota menwa ditempah kedisiplinannya dan memperkokoh mental serta ilmu kemilteran. Seperti PBB, Bela diri militer, latihan menembak dan senam militer.

“Selain latihan di lapangan ada juga pengetahuan di dalam ruangan, ada sitkamtibmas, enterprenier, serta dalam penanggulangan bencana dan masih lagi latihan lainnya. Ini semua akan dibekali kepada seluruh peserta diksar,” kata Rauf.

Sementara itu, Dandim 0419/Tanjab Letkol Arry Yudistira saat membacakan sambutan Danrem 042/Gapu Kolonel Arh Elphis Rudy mengatakan, menwa salah satu kekuatan sipil yang dilatih dan dipersiapkan untuk mempertahankan NKRI, sebagai perwujudan sistem pertahanan dan kemananan rakyat semesta (Sishankamrata).

“Menwa juga merupakan salah satu komponen warga negara yang mendapat pelatihan militer (unsur mahasiswa) yang bermarkas di perguruan tinggi di kesatuan masing-masing,” ujar Dandim.

Dikatakan, tujuan dilaksanakan diksar Menwa guna untuk meningkatlan mental, fisik, dan disiplin serta untuk membentuk sikap dan kepribadian para peserta sehingga mampu melaksanakan tugas dan fungsi sesuai dengan tugas dan tanggungjawabnya sebagai mahasiswa.

“Melalui diksar ini, peningkatan kualitas SDM di lingkungan menwa sehingga lebih termotivasi dan berdisiplin tinggi dalam menghadapi tugas di kampus maupun di tengah masyarakat” imbuh Dandim. (zek)

ADVERTISEMENT







ADVERTISEMENT