Guru di Bungo Masih Kurang Ini Kata Kadisdik

Dibaca: 484 kali
fhoto/Istimewa.

SIDAKPOST.ID, BUNGO – Sebanyak 3.447 orang guru di Kabupaten Bungo, belum memenuhi kebutuhan rasio, karena perbandingan guru dan murid masih belum sesuai dari kebutuhan yang ada.

Dari data yang diperoleh, guru berjumlah 3.477 orang, sedangkan yang audah Pegawai Negeri Sipil sebanyak, 2.293 orang. Sementara 1.184 merupakan Tenaga Kerja Kontrak (TKK). Untuk guru tersebut ditempatkan di 297 sekolah. Tersebar di 226 Sekolah Dasar, dan 61 Sekolah Nengah Pertama (SMP).

“Sebanyak 1.684 orang telah memilki sertifikasi, jumlah murid yang diajar guru tersebut sebanyak 53.190 orang siswa/siswi. Kalau dalam hitungan rasionya masih kurang ,” ucap Masril, Kepala Dinas Pendidikan Kabuapten Bungo.

Sebut Masril, rasio perbandingan belajar pada siswa SD adalah 1 banding 18 dan SMP 1 dibanding 16. Namun kenyataannya saat ini rasio perbandingan siswa SD 1 banding 24 siswa, dan SMP adalah 1 dibanding 28 siswa.

“Kita akui beberapa sekolah saat ini hanya memiliki satu atau dua guru PNS saja. Kedepan kami akan berusaha melakukan pemerataan guru. Jadi tidak akan adalagi guru yang menumpuk disuatu sekolah,” tukasnya. (zek)

ADVERTISEMENT





ADVERTISEMENT