Tak Hanya Infrastruktur, Berikut pencapaian Hamas-Apri Dibidang Kesehatan

Dibaca: 90 kali

SIDAKPOST.ID, BUNGO – Keberhasilan H Mashuri dan H Safrudin Dwi Aprianto (Hamas-Apri) selama menjabat sebagai Bupati dan Wakil Bupati Bungo tak hanya di bidang infrastruktur.

Keberhasilan pasangan yang mulai menjabat pada tahun 2016 itu juga sangat menonjol di bidang kesehatan.

Bahkan, keberhasilan di bidang kesehatan tersebut sangat membanggakan. Itu terlihat dari tahun ke tahun pasca HAMAS yang sebelumnya melanjutkan kepemimpinan Bupati H Sudirman Zaini.

Seperti bidang Jaminan Kesehatan Daerah (Jamkesda), penambahan dan renovasi Puskesmas. Selain itu juga penambahan dokter spesialis, perawat dan bidan serta dokter gigi.

Untuk Jamkesda, dari data di Dinas Kesehatan, pada tahun 2016 tercatat hanya sebanyak 881 jiwa. Pada tahun 2019, Jamkesda melonjak hingga mencapai 16.169 jiwa.

“Untuk Jamkesda dari tahun 2016 sampai 2019 mengalami lonjakan sampai 15.288 jiwa. Ini merupakan lonjakan yang sangat drastis,” ujar Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bungo, Safarudin Matondang.

Sementara itu, untuk bidang tenaga medis, juga mengalami penambahan yang cukup signifikan. Pada tahun 2016, perawat hanya 542 orang. Tahun 2019 meningkat hingga 819 orang. Sementara untuk bidan pada tahun 2016 hanya 482 orang dan mengalami kenaikan menjadi 982 pada tahun 2019.

“Kenaikan tenaga medis juga terjadi pada dokter spesialis, dokter gigi dan apoteker. Untuk dokter gigi, tahun 2016 sejumlah 16 naik menjadi 28 pada tahun 2019. Dokter spesialis dari 21 menjadi 57 orang. Dan apoteker dari 15 menjadi 26,” ujar Safarudin Matondang Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bungo.

Selain itu, peningkatan juga terjadi pada infrastruktur lain seperti Puskesmas. Dikatakan Safarudin Matondang, bukan hanya renovasi puskesmas, namun jumlah puskesmas juga bertambah. Pada tahun 2016, tercatat ada 18 puskesmas dan pada 2019 menjadi 19 unit.

“Untuk renovasi selama tiga tahun terakhir juga dilakukan pada 10 unit puskesmas,” jelas Safarudin.

Ketua Komisi III DPRD Kabupaten Bungo, Darwandi sangat mengapresiasi peningkatan mutu di bidang kesehatan di Kabupaten Bungo. Tentu hal ini katanya menjadi catatan yang manis di bidang kesehatan selama duet kepemimpinan Hamas-Apri.

“Kami sangat mengapresiasi kinerja Hamas-Apri khususnya dibidang kesehatan yang mengalami kenaikan yang cukup signifikan. Kami sangat mendukung apa untuk peningkatan bidang kesehatan karena sangat dibutuhkan oleh masyarakat,” ujar Darwandi. (adv/jul)

ADVERTISEMENT