Babinsa Serma Suraji Koramil 416-07, Ajak Masyarakat Cegah Karhutla

Dibaca: 63 kali

SIDAKPOST.ID, TEBO – Upaya untuk mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan (Karhutla), Kapten Caj Sugiyanto Selaku Danramil 416 – 07/ Rimbo Bujang Kodim 0416/Bute terus gencar memerintahkan anak buahnya para Babinsa untuk melakukan Sosialisasi dan Patroli Karhutla di desa binaannya.

Seperti yang dilakukan oleh Babinsa Desa Purwoharjo Serma Suraji, dirinya gencar menggelar komsos sekaligus sosialisasi tentang pencegahan kebakaran hutan dan lahan kepada masyarakat. Sosialisasi disampaikan Serna Suraji dimajelis wirit yasin kaum bapak, anjangsana dor to dor kerumah warga dan momen pertemuan lainnya.

“Kemarau panjang melanda Kabupaten Tebo dan kekeringan terjadi dimana-mana termasuk lahan persawahan milik petani kekeringan , krisis air bersih terjadi dan kebakaran hutan dan lahan yang berdampak asap tebal menjadi polusi udara yang mengakibatkan penyakit pernafasan atau Ispa. ” kata Babinsa Serma Suraji. Rabu (4/9/2019).

Sambungnya, dihimbau masyarakat jangan membuka lahan perkebunan dengan cara dibakar dan jangan membakar sampah disembarang tempat serta hati – hati saat membuang puntung rokok jangan dibuang disampah kering, karena dapat memicu terjadinya kebakaran.

“Pelaku pembakaran hutan dan lahan diancaman kurungan penjara paling lama 10 tahun dan membayar denda paling banyak sebesar Rp 1 Milyar, sesuai dengan UU Nomor 32 tahun 2009, Pasal 108 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup (UUPPLH) apabila diketahui serta dapat dibuktikan secara hukum melalui Sidang di Pengadilan, ” jelas Serma Suraji

Sementara itu, Suwandi Ketua RT 01 jalan Dorowati Purwoharjo mengatakan, pihaknya mengucapkan terima kasih kepada Babinsa Desa Purwoharjo yang sering mengunjungi warganya selama ini untuk memonitor tentang kamtibmas dan lainnya.

“Terima kasih kepada Bapak Babinsa Serma Suraji yang sudah menyampaikan sosialisasi tentang pencegahan Karhutla kepada warga, kami bersepakat secara bersama untuk mencegah Karhutla dilingkungan Desa Purwoharjo, ” pungkasnya. (asa)

ADVERTISEMENT