Babinsa Serda Yulierwan, Bersihkan Saluran Irigasi Sawah

Dibaca: 45 kali

SIDAKPOST.ID, BUNGO – Untuk memaksimalkan aliran sawah, tentu didukung oleh saluran irigasi yang sangat memadai.

Banyaknya saluran irigasi yang tersumbat membuat Babinsa Koramil 416-01/Rantau Pandan turun langsung bersama warga membersihkan saluran irigasi.

Seperti halnya, saluran irigasi milik poktan Tanjung Jati, Dusun Tanjung Agung, Kecamatan Muko-Muko Bathin VII, irigasi sawah tersebut, sudah tersumbat oleh tanah dan berbagai jenis rumput liat. Sehingga pengairan sawah sangat terganggu.

“Hari ini, bersama kelompok tani Tanjung Jati gotong royong membersihakn saluran irigasi yang sudah tersumbat tanah. Goro ini dilakukan dengan cara dicangkul dan ada juga yang pakai tangan untuk mencabut rumput liar,” kata Serda Yulierwan, Rabu (4/09).

Karena saat ini, kata Serda Yulierwan seluruh poktan sedang fokus menggarap sawah jadi, segala hal sangat perlu diperhatikan. Karena bila saluran air kurang maksimal maka bisa berdampak kepada pertumbuhan padi nantinya.

“Alhamdulillah, seluruh petani yang tergabung di poktan Tanjung Jati, turun bersama-sama baik itu, mak-mak maupun dari bapak-bapak mereka bersemangat untuk membersihkan irigasi yang sudah tersumbat,” tukasnya. (zek)

ADVERTISEMENT







ADVERTISEMENT