Tahu Kah Anda Pos Layanan Terpadu 

Maya Handayani, SKM Seksi Promkes Dinkes kabupaten Bungo. Foto : sidakpost.id/zakaria

Sering mendengar “Posyandu” atau bahkan pernah ke Posyandu? Sudah tahu belum maksud dan tujuan dari posyandu itu sendiri?

Jadi, Posyandu adalah salah satu bentuk upaya kesehatan bersumber daya masyarakat, yang dikelola dan diselanggarakan dari, oleh, untuk dan bersama masyarakat.

Keberadaan posyandu sangat diperlukan dalam mendekatkan upaya promotif dan preventif kepada masyarakat, seperti Kesehatan Ibu dan Anak (KIA), Keluarga Berencana (KB), imunisasi, Gizi, dan pendidikan pola hidup sehat yang dilakukan dalam 5 (lima) langkah kegiatan pada hari buka serta diluar hari buka posyandu.

Dalam pelaksanaannya, posyandu dapat mengembangkan kegiatan tambahan sesuai dengan kebutuhan, kesepakatan dan kemampuan masyarakat.

Adapun manfaat yang akan dirasakan saat mengikuti kegiatan posyandu, yaitu : Memperoleh kemudahan untuk mendapatkan informasi dan pelayanan kesehatan dasar ibu dan anak, seperti pemberian ASI, MPASI, dan penyakit, selain itu memantau tumbuh kembang anak.

Memperoleh layanan secara profesional dalam pemecahan masalah kesehatan terutama terkait kesehatan ibu dan anak, seperti mendeteksi sejak dini bila terdapat kelainan pada anak, ibu hamil, dan ibu menyusui. Efisiensi dalam mendapatkan pelayanan kesehatan dasar terpadu dan pelayanan sosial dasar sektor lain terkait.

Perlu kita ketahui, peran posyandu di suatu daerah amat penting. Ada tidaknya masalah giz anak di suatu daerah tidak jauh dari kontribusi kader posyandu.

Kader posyandu diharapkan dapat memberdayakan masyarakat agar mampu memecahkan masalah kebutuhan gizi, serta khususnya kesehatan dan gizi anggota keluarga yang masih balita.

Keberhasilan posyandu di dalam suatu wilayah, dapat tergambar melalui cakupan SKDN, yakni (S) Semua balita di wilayah kerja posyandu tercatat; (K) Semua balita memiliki KMS. (D) Banyak balita ditimbang. (N) Banyak Balita yang berat badannya naik.

Selain itu, salah satu patokan ukuran keberhasilan dari penyelenggaraan Posyandu adalah apakah peran serta masyarakat selalu aktif, serta berhasil tidaknya program posyandu secara keseluruhan.

Dibuat  oleh : Maya Handayani, SKM
Seksi Promkes Dinkes Bungo