Gejala Kolesterol Tinggi Serta dan Mengetahuinya

Foto ilustrasi kolekstrol. foto : sidakpost.id/ist

Gejala kolesterol tinggi bisa dialami oleh anak-anak hingga orang dewasa tanpa mengenal jenis kelamin. Kolesterol tinggi bisa berasal dari penerapan gaya hidup tidak sehat dari kebiasaan makan makanan tinggi lemak.

Hal ini dapat meningkatkan kadar kolesterol dalam darah dan bisa menyebabkan tumpukan lemak di pembuluh darah. Untuk mendeteksi gejala kolesterol tinggi sejak dini yang seringkali tidak menunjukkan gejala yang khas. Anda bisa melakukan pemeriksaan kadar kolesterol secara teratur.

2. Umur

Asosiasi Jantung Amerika menyatakan, bahwa kadar kolesterol orang dewasa meningkat seiring bertambahnya usia. Wanita yang berusia di atas 55 tahun dan pria berusia di atas 45 tahun lebih berisiko terkena kolesterol tinggi.

3.  Stres

Saat seseorang mengalami stres baik itu wanita maupun pria sama-sama akan melepaskan dua hormon, yaitu adrenalin dan kortisol. Kedua hormon ini berperan untuk merangsang hati untuk memproduksi dan melepaskan lebih banyak kolesterol.

4.  Kurang Bergerak

Selain itu, kurang beraktivitas fisik atau berolahraga juga bisa menjadi faktor tingginya kadar kolesterol pada orang dewasa. Lantaran, ketika Anda jarang beraktivitas fisik atau berolahraga kadar LDL tidak banyak dikeluarkan oleh tubuh.

Memahami Gejala Kolesterol Tinggi

Pada dasarnya kolesterol tinggi tidak memiliki gejala. Namun, ada beberapa hal yang bisa jadi penanda kolesterol tinggi, yaitu: