Kasat Binmas, Kades & Staf Pungli Siap Dibawa Keranah Hukum

Dibaca: 209 kali

SIDAKPOST.ID, TEBO – Kades dan Perangkatnya atau petugas Pemerintahan Desa (Pemdes) jangan sesekali melakukan pungutan liar (Pungli) pada saat melayani masyarakatnya, dalam hal urusan Surat menyurat maupun rekomendasi dan lainnya.

Kades atau Stafnya maupun Perangkat desa dalam melayani warganya, meminta uang diluar prosdural dan peraturan, maka siap-siap akan bermasalah dijerat hukum serta dìproses sesuai KUHPidana.

Hal tersebut ditegaskan Kasat Binmas Polres Tebo AKP Agung Purwanto didampingi IPDA Muslim, pada saat sosialisasi tentang Pencegahan Saber Pungli 2020. Bertempat di Kantor Desa Sidorejo Kecamatan Rimbo Ilir Kabupsten Tebo, Selasa (04/08/2020).

Kasat Binmas Polres Tebo AKP Agung Purwanto menuturkan, Tim Pencegahan Saber Pungli 2020 Kabupaten Tebo memberikan pembinaan dan penyuluhan, tentang pelayanan yang benar dan terhindar dari Pungli.

“Kades atau pegawai di Kantor desa meminta atau memungut biaya diluar keketentuan yang ditetapkan Undang-Undang, maka dapat dijerat dan diproses secara hukum. Dalam melayani warga , Pemdes perlu menerapkan protokol kesehstan,”tegas AKP Agung Purwanto.

Pihak Pemdes Sidorejo mengucapkan terima kasih atas kedatangan Tim Saber Pungli Kabupste Tebo, sehingga Perangkat desa Pemdes Sidorejo mengetahui tentang Pungli yang akan berhadapan dengan ranah hukum. (asa)

ADVERTISEMENT