Bupati dan Wabup Bungo Hadiri Pengukuhan Gelar Adat, Empat Rio di Pelepat

Dibaca: 148 kali

SIDAKPOST.ID, BUNGO – Sebanyak Empat Rio (Kades) terpilih dalam Kecamatan Pelepat Kabupaten Bungo, Mengikuti Pengukuhan gelar adat, yang dipusatkan Dihalaman Kantor Camat, dengan di Hadiri Bupati dan Wakil Bupati Bungo, Selasa (4/8/2020).

Selain Bupati dan Wabup, Tampak Hadir Sekda Bungo, Ketua dan Wakil Ketua beserta Anggota DPRD Bungo, Ketua TP PKK Bungo, Ketua GOW, ketua Dharma Wanita,


Para Kepala OPD, Kapolsek Pelepat, Babinsa, Unsur Forkompinda, Para Camat, Para Tokoh Masyarakat, ketua LAM kecamatan Pelepat, serta tamu undangan yang lainnya.

” atas nama pribadi dan Pemerintah kabupaten Bungo, kami menyampaikan ucapan selamat kepada Datuk Rio yang baru saja di kukuhkan dengan gelar adat nya,
mudah-mudahan bisa menjalankan amanah ini dengan sebaik-baik nya,” Ujar Bupati Mashuri.

Lebih lanjut Mashuri mengatakan Pengukuhan gelar adat yang dilaksanakan ini merupakan salah satu kearipan lokal yang ada di Kabupaten Bungo, karena sebutan kepala desa adalah Datuk Rio.

” Tentu tugas Datuk Rio selain sebagai kepala pemerintahan juga selaku Pemangku adat di Dusun dan akan menjadi pedoman di tengah masyarakat,” tambahnya.

Adapun empat Rio yang di kukuhkan dengan Gelar adat diantaranya,

1. Soleh, Rio Dusun Bukit Telago di beri gelar adat ( Datuk Rio mangku Suko di Rajo).

2. Fauzan, S.Pdi Rio Dusun Sekampil di beri gelar adat (Datuk Rio mangku Rajo tuo).

3. Kholid, Rio Dusun Baru Pelepat di beri gelar adat (Datuk Rio Mangku Murti).

4. H. Badrul Aini, Rio Dusun Rantel di beri gelar adat Rio (Datuk Rio Malayo).

(Jul)

ADVERTISEMENT