Korem 042/Gapu Gelar Sosialisasi dan Uji Petik Program KBB

Dibaca: 46 kali

SIDAKPOST.ID, JAMBI – Guna menekan terjadinya tingkat kecelakaan bagi personelnya, Korem 042/Gapu bekerjasama dengan Staf Pengamanan Angkatan Darat (Spamad) menggelar kegiatan Sosialisasi dan Uji Petik Program Keselamatan Berkendara dan Berlalu Lintas yang diselenggarakan di Balai Prajurit Korem 042/Gapu, Jalan Jenderal Urip Sumoharjo No.3, Sungai Putri, Telanaipura, Kota Jambi, Jambi, Kamis (4/7/2019).

Sosialisasi dan uji petik program PKBB yang diikuti ratusan personel yang terdiri dari Prajurit dan PNS TNI AD jajaran Korem 042/Gapu ini dilaksanakan bertujuan untuk meminimalisir adanya korban jiwa sia-sia bagi prajurit dan PNS, akibat kecelakaan lalu lintas.

Selain itu, juga membiasakan prajurit dan PNS dengan budaya hidup disiplin, tertib dan aman dalam berkendara, guna menghindari terjadinya pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas.

Danrem 042/Gapu Kolonel Arh Elphis Rudy, dalam sambutan tertulisnya menyampaikan ucapan Selamat datang dan terima kasih kepada Letkol Kav Rendra Andrian beserta rombongan atas kehadirannya di Makorem 042/Gapu Bumi Sepucuk Jambi Sembilan Lurah ini.

Selanjutnya Danrem mengatakan bahwa keselamatan dalam berlalu lintas, merupakan salah satu hal yang wajib diutamakan oleh para pengguna kendaraan, baik roda dua mapun roda empat. Ketika berkendaraan dan paling banyak dialami prajurit saat ini, ternyata lebih banyak korban non tempur (korban kecelakaan) daripada korban tempur.

Untuk mengatasi hal tersebut, melalui kegiatan sosialisasi dan uji petik hari ini, diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan, kemampuan dan keterampilan dalam berkendaraan dan berlalu lintas, serta mengecek kesiapan kendaraan baik dari segi fisik maupun administrasinya, sebagai langkah preventif guna meminimalisir kerugian personel dan materiil akibat kecelakaan lalu lintas, Ujar Danrem.

Terakhir Danrem mengingatkan kepada peserta untuk menyimak dan mencermati materi yang akan disampaikan oleh pemberi materi.

“Manfaatkan kesempatan ini dengan sebaik-baiknya guna menyerap materi yang diberikan oleh pemberi materi. Buatlah catatan-catatan yang perlu, dan tanyakan hal-hal yang dirasakan kurang jelas atau kurang dimengerti,” ucap Danrem.

Melalui sosialisasi dan uji petik ini, juga diharapkan akan terwujud disiplin berlalu lintas yang tinggi dan mencegah korban kecelakaan akibat berlalu lintas. Kiranya apa yang kita kerjakan hari ini dapat membawa kebaikan bagi kita semua, satuan Korem 042/Gapu dan TNI Angkatan Darat pada khususnya.

Mudah-mudahan bermanfaat bagi kita sekalian. Akhirnya saya ucapkan, selamat mengikuti sosialisasi dan uji petik in.

“Semoga Tuhan Yang Maha Kuasa senantiasa memberikan bimbingan, petunjuk dan perlindungan-Nya kepada kita semua dalam melanjutkan pengabdian kepada Bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang kita cintai ini,” tutup Danrem.

Sementara itu, Letkol Kav Rendra Siagian selaku Ketua Tim dari Spamad mengatakan, sering terjadinya kecelakaan lalu lintas yang dialami prajurit dan PNS TNI Angkatan Darat, dipengaruhi oleh beberapa faktor. Di antaranya kondisi kendaraan yang tidak layak pakai dan kondisi pengendara yang tidak stabil.

“Melalui kegiatan sosialisasi dan uji petik PKBB ini, kami berharap dapat meningkatkan kesadaran bagi prajurit Korem 042/Gapu dalam berkendaraan dengan tetap mempedomani etika berkendaraan dan terus melakukan pemeriksaan kondisi kendaraan secara rutin, baik fisik dan administrasinya,” jelas Letkol Rendra.

Selain menggelar kegiatan sosialisasi dan uji petik PKBB, Tim Spamad juga melakukan pemeriksaan langsung terhadap kendaraan dinas baik roda empat maupun roda dua yang dibantu personel Denpom Jambi, hingga tes tertulis berlalu lintas kepada prajurit dari Kodim 0415/Batanghari dan Yonif R 142/Gapu.

Kegiatan Sosialisasi dan uji petik PKBB dihadiri oleh Kasrem 042/Gapu, Letkol Arh Hary Sassono Utomo,S.H, Para Dandim, Kasi Korem, Danyonif R 142/KJ serta Dan/Kasatbalak jajaran Korem 042/Gapu. (penrem042gapu)

ADVERTISEMENT




ADVERTISEMENT